Rabu 29 Jun 2016 16:46 WIB

Ronaldo Jadi Ancaman Jantung Pertahanan Polandia

Cristiano Ronaldo
Foto: REUTERS/Jason Cairnduff
Cristiano Ronaldo

REPUBLIKA.CO.ID, MARSEILLE  --  Polandia sebagai tim yang punya catatan pertahanan mengesankan sepanjang Piala Eropa 2016 akan menghadapi ancaman kuat menuju semifinal saat bertemu Portugal. Apalagi Portugal mempunyai pemain tangguh Cristian Ronaldo.

Lini belakang Polandia yang dimotori Michal Pazdan dan Kamil Glik akan menemui tantangan berat dalam babak delapan besar di Marseille pada Jumat (1/7). Meskipun pada pertandingan-pertandingan sebelumnya tidak melakukan persiapan menghadapi sang bintang Real Madrid itu.

Ronaldo digambarkan sebagai pemain sempurna oleh majalah gaya hidup AS Men's Health karena punya kecepatan berlari hingga 32 kilometer per jam. Pun, CR7 mampu loncat hampir satu meter dengan satu kaki, rata-rata berlari hingga 16 kilometer per jam dalam setiap pertandingan.

Meskipun sempat berjuang untuk menemukan irama permainannya dalam awal-awal Piala Eropa 2016, Ronaldo menunjukkan tanda-tanda akan kembali sebagai pemain unggulan dalam kompetisi sepak bola terbesar benua Eropa itu.

Pemain berusia 29 tahun itu telah mencetak dua gol dalam laga penyisihan Portugal melawan Hongaria serta menyumbang dua umpan pada tiga gol lain Portugal. Umpan terpenting Ronaldo yaitu kepada Ricardo Quaresma yang mencetak gol pada babak perpanjangan waktu ketika Portugal menang atas Kroasia 1-0 pada pertandingan 16 besar.

Tapi, Polandia punya kemampuan yang bagus untuk menghentikan serangan lawan-lawannya. Mereka hanya kebobolan tiga kali sepanjang 2016 dan hanya satu kali pada Piala Eropa 2016 oleh pemain Swiss Xherdan Shaqiri pada babak 16 besar.

Pertandingan-pertandingan Polandia selama di Prancis hanya menjadi sedikit persiapan bagi tim itu untuk menyamai tempo, kekuatan, kemampuan sundulan yang dimiliki Ronaldo.

Polandia mencetak dua gol lebih sedikit dibanding tim-tim lain yang masuk perempat final meskipun Lewandowski menjadi pencetak gol terbanyak dalam kualifikasi Piala Eropa 16 dengan koleksi 13 gol.

Pemenang pertandingan Portugal melawan Polandia akan menghadapi pemenang laga Wales dengan Belgia pada semifinal. Laga semifinal itu tampak sebagai jalan yang lebih mudah dibanding perebutan posisi final oleh tim Prancis, Jerman, Italia, serta Islandia pada sisi lain undian babak gugur.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement