BUMN Berangkatkan Mudik Gratis dari Stasiun Pasar Senen

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Dwi Murdaningsih

 Rabu 29 Jun 2016 14:25 WIB

Penumpang menunggu kedatangan kereta di ruang tunggu di Stasiun Pasar Senen,Jakarta, Ahad (26/6). Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang Penumpang menunggu kedatangan kereta di ruang tunggu di Stasiun Pasar Senen,Jakarta, Ahad (26/6).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian BUMN memberangkatkan angkutan mudik gratis menggunakan jasa kereta api melalui Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Rabu (29/6). Pemberangkatan ini dikoordinatori oleh Jasa Raharja.

"Perkiraan yang diberangkatkan 4.800-an untuk kereta. Kereta juga terbatas, karena dipakai penumpang umum biasa," kata Direktur Utama Jasa Raharja, Budi Setyarso di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Rabu (29/6).

Ia menjelaskan, angkutan mudik gratis akan diberangkatkan pada Rabu dan Kamis (30/6) masing-masing dengan enam rangkaian gerbong. Sementara untuk angkutan arus balik, akan dilaksanakan pada 11 dan 12 Juli 2016. Tujuan angkutan mudik kereta api, yakni Jakarta-Surabaya dan Jakarta-Malang.

Selain itu, Budi melanjutkan, pada Kamis (29/6), PT Jasa Raharja akan memberangkatkan angkutan mudik gratis menggunaan moda transportasi bus di parkir timur Senayan pukul 07.30 WIB. Ia memperkirakan sekitar 29 ribu pemudik akan diberangkatkan menggunakan 500-an bus dengan berbagai tujuan di Pulau Jawa dan Lampung.

"Besok pagi diberangkatkan Ibu Menteri BUMN," ujar dia.

Budi menjelaskan, tujuan diadakannya mudik gratis yakni karena banyak pemudik yang tidak mendapatkan angkutan Lebaran. Selain itu, ia berharap, angkutan mudik gratis dapat mengurangi pemudik yang menggunakan sepeda motor.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X