Monday, 30 Jumadil Akhir 1441 / 24 February 2020

Monday, 30 Jumadil Akhir 1441 / 24 February 2020

 

Itikaf Kuatkan Komitmen Umat Islam kepada Masjid

Selasa 28 Jun 2016 11:43 WIB

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Andi Nur Aminah

Ilustrasi Itikaf

Ilustrasi Itikaf

Foto: Republika/Raisan Al Farisi

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Umat Muslim biasanya memanfaatkan momen 10 malam terakhir Ramadhan dengan beritikaf di masjid. Hal ini sebagaimana dicontohkan Rasulullah SAW untuk meningkatkan ketaatan kepada Allah SWT.

Selain itu, menurut Sekretaris Bidang Dakwah Dewan Masjid Indonesia (DMI) Ahmad Yani, itikaf juga menguatkan komitmen dan ikatan batin umat Islam kepada masjid. "Komitmen yang kuat membuat kita merasa bertanggungjawab seumur hidup terhadap masjid misalnhya dalam bentuk membangun bila memang dibutuhkan," ujar Ahmad Yani kepada Republika.co.id beberapa waktu lalu.

Komitmen terhadap masjid juga dapat diwujudkan dengan memelihara bangunannya agar bersih, suci, indah dan nyaman. I'tikaf sekaligus salah satu wujud dalam memenuhi seruan Allah SWT untuk memakmurkan masjid selain datang ke masjid untuk shalat berjamaah,

Menurut Ahmad Yani, setidaknya ada dua keutamaan bagi siapa saja yang berkomitmen terhadap masjid. Pertama,  yaitu tidak diragukan keimanannya dan kedua mendapatkan naungan Allah pada hari kiamat.


  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES