Selasa 28 Jun 2016 11:00 WIB

Catat! Ini 10 Fakta Unik tentang Islandia

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: M Akbar
Timnas Islandia
Foto: icelandreview.com
Timnas Islandia

REPUBLIKA.CO.ID, NICE -- Selepas melangkah maju ke babak perempat final Piala Eropa 2016, Islandia menjadi negara yang patut diperhitungkan oleh tim-tim lainnya.

Islandia membuat pendukungnya bersorak gembira usai mengalahkan Inggris dengan skor 2-1 di Allianz Riviera, Selasa (28/6) dini hari WIB. (Baca: Tragis...Inggris Disingkirkan Islandia di Piala Eropa)

Selain timnas sepak bolanya, berikut ini merupakan 10 fakta unik negara Islandia, seperti yang dikutip dari Daily Record, Selasa (28/6).

 

1. Populasi penduduk

 

Populasi penduduk di Islandia tercatat hanya 331.733 jiwa atau hampir setara dengan populasi penduduk di Sukabumi, Jawa Barat. Islandia ini memiliki populasi terkecil dari Fife (354.600 penduduk). Lalu 60 persen penduduk Islandia menetap di ibu kota Reykjavik.

 

2. Kepercayaan

 

Mayoritas penduduk Islandia percaya pada peri meskipun menganut Kristen aliran Lutheran. Beberapa penduduknya masih menganut paganisme.

 

3. Negara paling bahagia di dunia

 Islandia menjadi negara kedua paling bahagia di dunia selain Swiss, Denmark, dan Norwegia. Negara ini bisa menjadi tempat paling menyenangkan untuk tempat tinggal.

 

4. Nama keluarga (marga)

 

Dari daftar pemain, 10 pemain Islandia memiliki marga yang berakhir 'son'. Mereka menggunakan sistem penamaan Nordic yang terdiri dari nama pertama ayah atau ibu mereka, kemudian diakhiri oleh kata 'son' (bila anak laki-laki) atau 'dottir' (bila anak perempuan).

 

5. Perdana menteri perempuan pertama

 

Islandia memiliki perdana menteri perempuan pertama yang didapat dari hasil pemilihan terbuka, yaitu PM Johanna Siguroardottir. Sebelum terjun ke panggung politik, ia adalah seorang pramugari dan menjadi seorang homoseksual pertama yang memimpin negaranya.

 

 6. Pelatih timnas Islandia adalah dokter gigi

 

Pelatih Timnas Islandia Heimir Hallgrimsson merupakan sorang dokter gigi. Ia berbagi ruang istirahat dengan pelatih Lars Lagerback. Hallgrimsson akan mengambil kendali penuh ketika Lagerback mundur pada akhir turnamen.

 

7. Melarang tempat striptis

 

Pada 2010, pemerintah membuat aturan dengan melarang beroperasinya tempat hiburan malam yang menyelenggarakan aktivitas striptis alias tarian telanjang di Islandia. Tapi siapa yang tahu juga bagaimana dengan para pemain timnas Islandia ini ketika menghabiskan waktu luangnya?

 

8. Sepak bola bukan olahraga nasional

 

Tidak seperti Skotlandia, sepak bola bahkan bukan olahraga nasional Islandia. Sebaliknya olahraga populer di Islandia adalah handball (bola tangan).

 

9. Konsumsi makanan dan minuman penduduk Islandia

 

Islandia mengonsumsi minuman bersoda Coca Cola paling tinggi per kapita dibanding tempat lain di dunia. Di Islandia juga tidak ada tempat makanan cepat saji McDonald setelah krisis keuangan 2009.

Diketahui, penduduk Islandia gemar memakan jantung mentah burung Puffin. Hidangan tersebut dianggap lezat oleh penduduk Islandia.

 

10. Tidak ada nyamuk di Islandia

 

Tidak akan ada nyamuk di Islandia di musim dingin. Pada musim panas yang mencapai 20 hingga 25 derajat pun nyamuk tidak muncul di Islandia.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement