Warga Mulai Berangkat Mudik

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Agung Sasongko

 Senin 27 Jun 2016 15:07 WIB

Mudik Foto: Republika/Tahta Aidilla Mudik

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Masuk H-9, Umat Islam di perantauan mulai bergegas pulang ke kampung halaman. 

Pantauan Republika.co.id di Stasiun Senen Jakarta pemudik mulai tampak ramai. Berdasarkan data posko humas mudik 2016 pada Senin (27/6) sejak pukul 00.30-13.00 WIB terdapat 11.289 penumpang yang telah diberangkatkan.

Hari ini sebanyak 31 rangkaian kereta api melayani pemudik yang mayoritas ke Jawa Timur. Jumlah tersebut terdiri dari 26 rangkaian kereta reguler dan lima rangkaian kereta tambahan lebaran.

Ahmad Solihin, pemudik asal Lamongan menjelaskan memilih mudik lebih awal. Dia mengatakan, karena ingin segera bertemu dengan anaknya. "Karena anak-anak di pesantren sudah libur," ujar Solihin.

Solihin akan mudik bersama istri dan satu anaknya. Kereta yang akan ditumpanginya dijadwalkan berangkat pukul 3.45 WIB.

Dia mengusulkan agar PT Kereta Api memperbolehkan pemudik masuk ke dalam stasiun satu jam sebelum keberangkatan. Hal tersebut dapat mengurangi beban pemudik. "Jadi enak bisa tenang, santai kalau di dalam," katanya.

Faidi penumpang lainnya menuturkan, memilih pulang lebih awal karena takut tidak kebagian tiket. Faidi mengaku sudah memesan tiket tiga bulan lalu.

"Kalau mesan sekarang gak kebagian," ucap Faidi.

Faidi akan mudik ke Surabaya Jawa Timur. Di Jakarta, bekerja sebagai penjaga toko di daerah Pulogadung.

Faidi menambahkan, mudik lebih cepat agar bisa segera bertemu dengan keluarganya. Pasalnya, keluarga lainnya di Jakarta sudah pulang lebih dulu. Rahmat Fajar

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X