Friday, 10 Sya'ban 1441 / 03 April 2020

Friday, 10 Sya'ban 1441 / 03 April 2020

Jack Miller Cetak Sejarah Juara GP Assen

Ahad 26 Jun 2016 22:16 WIB

Rep: Ali Mansur/ Red: Israr Itah

Jack Miller menjuarai GP Assen.

Jack Miller menjuarai GP Assen.

Foto: EPA/BAS CZERWINSKI

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pembalap Marc VDS, Jack Miller secara mengejutkan mampu menjuarai balapan MotoGP di Sirkuit Assen, Belanda, Ahad (26/6). Pria berkebangsaan Australia itu mengungguli pembalap beken Marc Marquez yang finis di urutan kedua.

Marquez menjaga jarak di pimpinan klasemen dari rekan senegaranya Jorge Lorenzo menjadi 24 poin. Pembalap Inggris Scott Redding berada di posisi ketiga untuk Ducati dalam balapan ke-250 pada era MotoGP ini.

Miller menjadi pebalap Australia pertama yang memenangi MotoGP sejak Casey Stoner di lintasan Phillip Island pada tahun 2012 dan yang pertama untuk sepeda motor non-pabrik sejak pebalap Spanyol Toni Elias di Portugal satu dekade lalu.

Pembalap Italia Valentino Rossi, yang sempat memimpin untuk Yamaha setelah re-start, tersingkir. Marquez kini memiliki 145 poin, Lorenzo 121 dan Rossi 103.

Sebelum bendera merah dikibarkan, pembalap Aspar, Yonny Hernandez sempat memimpin balapan. Ia bahkan sempat berjarak lebih dari tiga detik dari Rossi dan Dovizioso. Sayangnya, pada lap ke-12, Yonny terjatuh.

Akhirnya race harus dihentikan saat menginjak lap ke-15 untuk beberapa menit, dan balapan pun harus re-start, dengan Dovizioso memimpin di depan. Sayangya setelah itu banyak rider berjatuhan termasuk Rossi dan pembalap Ducati Andrea Dovizioso. Ini membuat Miller, Marquez, dan Scott Redding naik podium. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA