Ahad 26 Jun 2016 20:38 WIB

4 Alasan untuk Menggemari Islandia

Penyerang Islandia Jon Bodvarsson (bawah) merayakan golnya ke gawang Austria.
Foto: REUTERS/John Sibley
Penyerang Islandia Jon Bodvarsson (bawah) merayakan golnya ke gawang Austria.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Para penyuka elemen kejutan dari si kulit bundar tentu akan memberikan dukungan kepada tim nasional Islandia saat mereka menghadapi Inggris pada laga 16 besar Piala Eropa 2016 di Stadion Allianz Riviera, Nice, Senin (27/6) waktu setempat.

Jika Anda tak termasuk yang mendukung Islandia di laga tersebut, empat poin yang dilansir laman resmi UEFA ini bisa jadi akan mengubah pendirian Anda:

Tak ada yang mencintai Piala Eropa lebih dari Islandia

Sedikitnya 10 ribu warga negara Islandia menghadiri dua penampilan terakhir mereka di penyisihan Grup F, yang sebetulnya bukan angka yang luar biasa jika Anda mengabaikan fakta bahwa populasi warga Islandia hanyalah 330 ribu jiwa.

Maka 10 ribu pendukung di stadion itu mewakili tiga persen dari populasi mereka. Jika rasio serupa diterapkan pada tim Inggris misalnya, maka setara dengan 1,59 juta warga Inggris mendukung langsung pasukan Roy Hodgson.

"Rasanya seperti bermain dan disaksikan langsung keluarga besarmu. Saya mungkin mengenal sedikitnya 50 persen pendukung kami di stadion," kata bek timnas Islandia Kari Arnason setelah membantu timnya mengalahkan Austria 2-1 di fase grup.

Sekali lagi, Islandia sangat mencintai sepak bola

Sepak bola merupakan olahraga terpopuler di Islandia yang terlihat dari rating televisi siaran pertandingan timnas mereka di Piala Eropa 2016. 

Sementara sebanyak 9,3 juta warga Inggris menyaksikan pertandingan Inggris vs Wales atau setara 14 persen populasi Inggris Raya, sekitar sekira 99,8 persen pemirsa televisi Islandia menyaksikan pertandingan timnas mereka melawan Austria.

Tentunya jika Anda cukup jeli menemukan potongan rekaman suara komentator Islandia saat terjadi gol kedua kontra Austria yang beredar viral, Anda pasti akan menyadari seberapa penting kesuksesan timnas di Piala Eropa bagi warga Islandia. Mereka juga begitu menyukai sepak bola Inggris.

"Saya selalu mendukung Inggris di turnamen-turnamen penting," kata Arnason.

Sementara salah satu pelatih Islandia, Heimir Hallgrimsson menambahkan,"Orang Islandia tahu segalanya tentang sepak bola Inggris, kami maniak sepak bola Inggris."

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement