Sabtu 25 Jun 2016 22:10 WIB

Imbang 1-1, Swiss Kontra Polandia Lanjut ke Babak Tambahan

Rep: Gilang Akbar Prambadi/ Red: Israr Itah
Xherdan Shaqiri
Foto: REUTERS/Max Rossi
Xherdan Shaqiri

REPUBLIKA.CO.ID, SAINTETIENNE--Laga babak 16 besar Piala Eropa antara Swiss dan Polandia masih sama kuat 1-1 setelah melalui 90 menit waktu normal. Pertandingan pun harus dilanjutkan ke babak tambahan.

Pada laga yang digelar di Stadion Geoffroy-Guichard, Sabtu (25/6), Polandia sukses menjebol gawang Swiss lebih dulu melalui Jakub Błaszczykowski. Pemain milik Borussia Dortmund itu mencetak gol memanfaatkan asisst dari  Kamil Grosicki.

Gol pada menit ke 39 itu berawal dari pergerakan Grosicki yang bisa mengacak-acak pertahanan Swiss. Kiriman bola bek kiri itu sukses dikonversi menjadi gol oleh Błaszczykowski.

Hingga peluit panjang tanda interval pertama selesai, tak ada lagi tambahan gol. Meksipun beberapa kali Swiss mampu mencuri beberapa peluang melalui serangan balik.

Pada babak kedua, dimotori Messi dari Alpen, Xherdan Shaqiri, Swiss memborbardir gawang Polandia yang sepanjang turnamen masih perawan. Peluang matang didapatkan Shaqiri pada menit ke-52. Tembakan kencangnya mengarah deras ke sudut kanang gawang Polandia.

Namun, kiper Lukasz Fabianski mampu menunjukkan skill tinggi dengan mengeblok tembakan kencang tersebut.

Pada menit ke-74, Swiss kembali mendapat kesempatan emas saat mendapat hadiah tendangan bebas beberapa meter dari kotak 16 Polandia. Maju menghadap bola Shaqiri dan Ricardo Rodriguez.

Rodriguez memang terkenal akan kemampuannya melakukan eksekusi bola mati bersama klubnya, Wolfsburg. Nyaris saja sepakannya berbuah gol. Namun tendangan melengkung yang ia lepaskan dengan cermat diatasi Fabianski.

Namun gawang Fabianski jebol juga.  Shaqiri sukses membuat para pendukung Swiss yang menghadiri stadion bergemuruh delapan menit menjelang laga berakhir.

Sepakan salto pemain muslim keturunan Albania ini sukses meruntuhkan tembok bernama Fabianski yang selama babak penyisihan tak mampu dijebol lawan.

Shaqiri sukses menghantam bola liar yang bergulir di kotak 16 Polandia. Dengan tendangan aktobatiknya, bola tembakan pemain Stoke itu menghujam sisi kanan bawah gawang Polandia.

Hingga waktu normal 90 menit selesai tak ada lagi gom tercipta. Laga yang bergulir di tengah cuaca terik musim panas ini pun harus dilanjutkan pada babak tambahan 2x15 menit.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement