Sabtu 25 Jun 2016 21:41 WIB

Pelatih Islandia Punya Rekor Mentereng Lawan Inggris

Lars Lagerback
Foto: REUTERS/UEFA
Lars Lagerback

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tim nasional Inggris boleh saja berstatus lebih diunggulkan saat menghadapi Islandia dalam babak 16 besar Piala Eropa 2016. Namun the Three Lions menanggung beban pribadi untuk memperbaiki catatan pertemuan melawan Lars Lagerback.

Lagerback, yang saat ini menjadi bagian duet pelatih timnas Islandia bersama Heimir Hallgrimsson, memiliki catatan cemerlang. Ia tak terkalahkan dalam enam pertemuan menghadapi Inggris saat masih menjadi asisten pelatih dan pelatih Swedia, termasuk pada putaran final Piala Dunia 2002 dan 2006.

“Saya telah bermain melawan Inggris denam kali dan saya tak pernah kalah melawan mereka," kata Lagerback, dikutip Guardian, Sabtu (25/6).

Mantan gelandang timnas Swedia, Niclas Alexandersson, yang turut ambil bagian di dua laga tersebut menceritakan bagaimana Lagerback sukses menyulitkan Inggris. Ia menilai ada kesamaan serupa yang diperlihatkan Islandia belakangan.

Alexandersson, yang juga menjadi pencetak gol penyeimbang 1-1 kontra Inggris di Saitama, Jepang, pada Piala Dunia 2002 silam, menilai ada satu hal serupa yang membuat laga Islandia kontra Inggris sama spesialnya bagi Swedia. Yakni kegemaran akan pertunjukan Liga Inggris.

"Sepak bola Inggris selalu populer di Swedia, kami semua menyaksikan Liga Primer Inggris dan selalu merasa sebagai tim nonunggulan. Itu justru membantu, kami merasa tanpa beban menghadapi Inggris," kata Alexandersson sebagaimana dilansir laman resmi UEFA.

"Hal serupa juga dirasakan Islandia. Lagerbaack akan mengarahkan para pemainnya bahwa mereka tidak memiliki beban apapun. Mereka pekerja keras dan memiliki beberapa pemain yang sempat merakan atmosfer sepak bola Inggris dan tahu apa yang dihadapi."

Berikut adalah catatan pertemuan Lagerbaack melawan Inggris:

Sebagai asisten pelatih Swedia

1998 - Menang 2-1 (kandang), kualifikasi Piala Eropa 2000

1999 - Imbang 0-0 (tandang), kualifikasi Piala Eropa 2000

Sebagai pelatih Swedia

2001 - Imbang 1-1 (tandang), persahabatan

2002 - Imbang 1-1 (netral), Piala Dunia 2002

2004 - Menang 1-0 (kandang), persahabatan

2006 - Imbang 2-2 (netral), Piala Dunia 2006

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement