Sabtu 25 Jun 2016 14:08 WIB

Busquets: Spanyol Butuh Keseimbangan Lawan Italia

Rep: Frederik Bata/ Red: Citra Listya Rini
Aksi gelandang Spanyol Sergio Busquets.
Foto: EPA/EMILIO NARANJO
Aksi gelandang Spanyol Sergio Busquets.

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS -- Gelandang Spanyol Sergio Busquets angkat bicara jelang laga melawan Italia. Dua tim elite itu bertemu pada babak 16 besar Piala Eropa 2016 di Stade de France, Senin (25/6) malam WIB.

Busquets mengagumi kedalaman taktik kubu lawan. Ini yang patut mereka waspadai. Namun, Spanyol menurutnya tidak perlu mengubah cara bermain. Terpenting, kata dia, armada La Furia Roja harus belajar dari kesalahan.

Yakni ketika dikalahkan Kroasia pada laga pamungkas Grup D. "Tidak ada gunanya mengubah cara bermain. Kami membutuhkan keseimbangan, terlepas dari bagaimana lawan kami, kami percaya pada ide taktis kami," ujar Busquets, seperti dikutip dari Football Italia, Sabtu (25/6).

Selama ini, Spanyol terkenal dengan permainan menyerang mengandalkan penguasaan bola. Artinya konsep tersebut dipertahankan saat beradu kekuatan dengan Gli Azzurri.

Busquets memuji kiprah dan nama besar Italia. Fleksibilitas taktik skuat Antonio Conte, menurutnya bisa menyulitkan Spanyol.

"Italia tim bagus dengan banyak pemain hebat. Masalah terbesar bagi kami adalah sistem taktis mereka," kata penggawa Barcelona ini.

Busquets mencontohkan bagaimana konsep 3-5-2 Gli Azzurri sudah jarang dipakai di Eropa. Sehingga Spanyol, menurutnya perlu mempelajari lagi bagaimana meladeni juara dunia empat kali. 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement