Kamis 23 Jun 2016 23:10 WIB

UGM Fokus Tingkatkan Akreditasi Internasional

UGM
Foto: ugm.ac.id
UGM

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta akan menggenjot jumlah program studi peraih akreditasi internasional. Hal ini dilakukan sebagai upaya meningkatkan reputasi kualitas pendidikan kampus negeri itu di kancah internasional.

"Kami akan lebih mengejar akreditasi internasional daripada mengejar peringkat perguruan tinggi," kata Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM) Dwikorita Karnawati saat acara buka bersama dengan awak media di University Club UGM, Kamis (23/6).

Menurut Dwikorita, sesuai hasil riset Lembaga pemeringkat perguruan tinggi dunia Quacquarelli Symonds (QS), UGM pada 2016 menempati peringkat 137 dunia, atau meningkat signifikan dari 2015 yang masih di peringkat 105 dunia.

Pemeringkatan perguruan tinggi itu, kata dia, berdasarkan beberapa indikator seperti reputasi akademik, jumlah pertukaran mahasiswa ke luar negeri, serta riset.

Meski demikian, menurut Dwikorita, perolehan peringkat perguruan tinggi tersebut bukan fokus utama UGM, sebab indikator penilaiannya dinilai tidak sesuai dengan keunggulan dan keunikan fakultas yang dimiliki UGM.

"Kami tidak ingin terlalu silau dengan perangkingan. Kami khawatir tersesat kalau hanya berpatokan pada perangkingan," kata dia.

Menurut dia, akreditasi internasional saat ini justru menjadi target yang terus digenjot agar seluruh program studi atau fakultas di UGM kualitasnya semakin diakui di kancah internasional.

Ia mencontohkan Fakultas yang berhasil terakreditasi internasional di UGM pada 2014 adalah Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB). FEB UGM, berhasil terakreditasi oleh The Association to Advance Collegiate Schools of Business (AACSB) yang merupakan akreditasi paling bergengsi di kalangan sekolah ekonomi dan bisnis dunia.

"Indonesia baru satu-satunya yang memperoleh akreditasi AACSB itu, dan di Asia Tenggara baru delapan fakultas yang mendapatkannya," kata dia.

Selain FEB, fakultas atau program studi di UGM yang berhasil mendapatkan akreditasi internasional adalah Departemen Kimia, Fakultas Matematikan dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) UGM yang berhasil terakreditasi oleh Royal Society of Chemistry (RSC), London, serta 21 program studi lainnya.

"Masih ada beberapa prodi yang baru proses akreditasi internasional, seperti Teknik Elektro dan Teknologi Informasi, Teknik Geodesi dan Geomatika, Akuntansi, Kehutanan dan Pendidikan Dokter," kata dia.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement