Monday, 30 Jumadil Akhir 1441 / 24 February 2020

Monday, 30 Jumadil Akhir 1441 / 24 February 2020

Sel Surya Ini 100 Kali Lebih Tipis Dibandingkan Rambut Manusia

Rabu 22 Jun 2016 11:32 WIB

Red: Dwi Murdaningsih

Sel surya yang 100 kali lebih tipis dibandingkan rambut manusia.

Sel surya yang 100 kali lebih tipis dibandingkan rambut manusia.

Foto: Juho Kim/Science Alert

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- Ilmuwan mengembangkan sel surya yang 100 kali lebih tipis dibandingkan rambut manusia. Ilmuwan dari Korea Selatan membuat sel surya yang bisa dilipat dengan tebal 1 mikro meter saja (1/1 juta meter).

"Fotovoltaik ini tebalnya sekitar 1 mikrometer," ujar insinyur Jongho Lee dari Gwangju Institute of Science and Technology.

Sebagai informasi, tebal rambut manusia umumnya 10-200 mikrometer. Lalu apa artinya sel surya yang begitu tipis ini? Dengan ketipisan yang esktrem ini memungkinkan suatu hari nanti sel surya bisa disematkan pada perangkat pribadi seperti pelacak kebugaran atau gelas pintar yang mudah digunakan menggunakan cahaya yang ada di sekitarnya.

Sel surya yang tipis ini juga memberikan fleksibilitas yang besar dan resisten sehingga bisa digunakan sangat aplikatif seperti untuk perangkat wearable atau perangkat yang bisa dipakai seperti pakaian atau jam tangan.

Tim menggunakan material semikonduktor berupa gallium arsenide yang dimasukkan ke dalam substrat. Ada sebuah logam yang bertindak sebagai reflektor untuk menangkap energi cahaya dan menyimpannya ke daam sel surya. Dalam sebuah paper yang dilaporkan dalam jurnal Applied Physics Letters, uji kelenturan menunjukkan bahwa sel ultra tipis ini bisa dilipat dalam benda beradius kecil seperti 1,4 milimeter, an hanya mengalami peregangan seperempat kali dibandingkan sel surya tipis jenis lainnya yang memiliki ketebalan 3,5 mikrometer.

 

baca juga: Bumi Ternyata 'Dibuntuti' Asteroid Selama 1 Abad

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA