Selasa 21 Jun 2016 02:55 WIB

Wales Ungguli Rusia 2-0 di Babak Pertama

Rep: Febrian Fachri/ Red: Hazliansyah
 Pemain Wales Aaron Ramsey melakukan selebrasi usai menjebol gawang Rusia di pertandingan terakhir babak penyisihan Grup B Piala Eropa 2016.
Foto: AP Photo/Hassan Ammar
Pemain Wales Aaron Ramsey melakukan selebrasi usai menjebol gawang Rusia di pertandingan terakhir babak penyisihan Grup B Piala Eropa 2016.

REPUBLIKA.CO.ID, TOULOUSE -- Wales semakin terbuka lebar untuk melaju ke babak 16 besar Piala Eropa. Melawan Rusia di Stadion Municipal Toulouse, Selasa (21/6) dini hari WIB, Si Naga unggul 2-0 dari Beruang Merah.

Wales unggul berkat sumbangan gol dari Aaron Ramsey di menit ke 11. Gelandang Arsenal itu membobol gawang Rusia yang dijaga Igor Akinfeev setelah menerima umpan terobosan dari rekannya Joe Allen.

Gol kedua tim asuhan Chris Coleman dicetak oleh bek sayap Neil Taylor di menit 20. Gol berawal dari penetrasi cepat Gareth Bale di sisi kiri pertahanan Rusia. Setelah itu pemain termahal dunia itu melepaskan umpan matang kepada Taylor yang naik membantu serangan. Tanpa ampun pemain Swansea City itu menghujam gawang Akinfeev.

Walau unggul skor sementara di babak pertama, Wales kalah penguasaan bola dari Rusia. Anak-anak asuh Leonid Slutsky menguasai bola hingga 58 persen. Sementara Wales hanya 42 persen.

Akan tetapi Wales tetap lebih hebat dalam menciptakan peluang. Total sembilan kali gawang Akinfeev terancam. Dua menjadi gol, tujuh lainnya dapat diamankan oleh kiper 30 tahun itu. Sementara Rusia hanya mendapatkan satu peluang. Yaitu melalui penyerang Artem Dzyuba di menit 25. Sepakan Dzyuba mampu ditepis kiper Wales Hennessey.

Andai Wales berhasil menjaga keunggulan sampai akhir laga, dipastikan Bale dan kawan-kawan melaju ke 16 besar. Apakah  Wales akan di peringkat satu atau dua di grup B, dipengaruhi oleh hasil laga lain antara Inggris melawan Slovakia. Laga Inggris dan Slovakia sendiri saat ini msih berakhir imbang tanpa gol di babak pertama.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement