Senin 20 Jun 2016 11:40 WIB

Tuntaskan Janji, LeBron James Bawa Cavaliers Juara NBA 2016

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Hazliansyah
LeBron James (tengah) merayakan gelar juara NBA 2016.
Foto: REUTERS/Bob Donnan-USA TODAY Sports
LeBron James (tengah) merayakan gelar juara NBA 2016.

REPUBLIKA.CO.ID, OAKLAND -- Cleveland Cavaliers resmi meraih cincin juara NBA musim kompetisi tahun ini. Di gim ke-7 yang berlangsung di Oracle Arena, Oakland, California, Amerika Serikat, LeBron James cs menang 93-89 dan membuat kedudukan akhir menjadi 4-3 dari tujuh pertandingan.

Gelar juara NBA bagi Cavaliers menjadi yang pertama kali dalam 52 tahun sejarah basket profesional. Kemenangan ini juga terasa manis karena awalnya Cavaliers tertinggal 1-3 di empat gim pertama. Namun di sisa gim, Cavaliers menyapu bersih dengan kemenangan.

Draymond Green dari Warriors memang menjadi pemain pencetak angka terbanyak dalam gim akhir kali ini. Forward 26 tahun itu mencetak 32 poin sepanjang pertandingan. Tapi, gelar bintang laga final kali ini menjadi milik LeBron James. The King James menjadi penyumbang angka terbanyak untuk timnya dengan 27 poin 11 rebound dan 11 assist.

Bukan cuma perannya yang membuat James menjadi bintang laga. Sejak kepulangan forward 31 tahun itu ke markas Cavs 2014 lalu, James memang sudah bersumpah membalas budi bekas timnya itu. James selama ini dianggap tak berguna. Tujuh tahun berseragam Cavs rentang musim 2003-2010, tak pernah sekalipun memberikan gelar juara.

"Aku datang kembali karena satu alasan. Aku kembali untuk gelar juara kota kami (Cleveland)," ujar pemain berjuluk King James, itu seperti dikutip dari akun resmi NBA, usai pertandingan.

Saat pertandingan, kedua tim memang tampil saling sengit. Di quarter pertama, Warriors mampu mengimbangi ambisi juara Cavs dengan cuma selisih satu poin 22-23. Tapi di quarter kedua, juara NBA musim lalu itu mengakhiri permainan 27-19.

Di quarter ketiga, Cavs kembali berhasil mengejar ketertinggalan poin dari Warriors, dan mengakhiri permainan 33-27. Keunggulan per babak masih berpihak di kubu Cavaliers di quarter empat dengan 18-13 poin.

Di quarter final, aksi kejar mengejar poin dilakukan kedua tim. Bahkan sempat mengalami stagnan poin selama hampir dua menit ketika kedua tim mempunyai total shot sama 89. Kyrie Irving, si pengatur permainan Cavs, memecah kebuntuan jalan kemenangan bagi timnya setelah tembakan tiga angkanya berhasil.

Dua menit yang tersisa sebelum penghabisan tak memberi peluang bagi Warriors untuk melawan. Di sepuluh detik terakhir, Cavs memastikan berhak atas gelar juara NBA, setelah lemparan satu angka terakhir dari James, menuntuskan gim menjadi 93-89.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement