Ahad 19 Jun 2016 14:26 WIB

Peluang Besar Valentino Rossi di Assen

Rep: Gilang Akbar Prambadi/ Red: Fernan Rahadi
 Valentino Rossi melakukan selebrasi di podium Sirkuit Jerez
Foto: EPA/ROMAN RIOS
Valentino Rossi melakukan selebrasi di podium Sirkuit Jerez

REPUBLIKA.CO.ID, ASSEN -- Valentino Rossi berkesempatan besar untuk bisa menambah poin guna mengejar Jorge Lorenzo dan Marc Marquez yang ada di peringkat dua dan satu klasemen sementara. Balapan seri kedelapan nanti akan dihelat di Sirkuit Assen, Belanda, dua pekan mendatang. Sirkuit yang sudah digunakan untuk balapan MotoGP sejak 1949 ini adalah ‘sahabat’ Rossi.

Musim lalu, dia berjaya dengan mengasapi Marquez dan Lorenzo untuk memuncaki podium. Keseluruhan, pembalap asal Italia itu sudah merasakan sembilan kemenangan di Assen. Rinciannya 7 kali di ajang MotoGP, sekali di kelas 250cc dan lainnya di kelas 125cc.

Dengan fakta tersebut, Rossi punya peluang lebar untuk memotong perbedaan poin dengan Marquez dan Lorenzo. Sejauh ini, Rossi duduk di peringkat ketiga dengan 103 poin. Di puncak klasemen, Marquez masih memimpin dengan 125 angka sedangkan Lorenzo sepuluh poin di belakangnya.

Peluang Rossi untuk jadi juara semakin besar dengan kian mantapnya para mekanik Yamaha Movistar dalam menentukan stelan balap di Assen. Direktur tim Yamaha Massimo Meregalli mengatakan, Rossi akan menggunakan chassis baru seperti yang digunakan pada seri Katalunya. Chassis baru ini, jadi kunci utama Rossi dalam meraih kemenangan di seri Spanyol tersebut.

“Sasis yang sekarang terbukti lebih baik. Jika pengembannya semakin baik, maka kemungkinan besar akan digunakan di Assen nanti,” kata dia dikutip dari Crash, tengah pekan ini.

Rossi pun mengaku sangat senang dengan pencapainnya sejauh ini. Mengingat balapan nanti akan digelar di sirkuit favoritnya, pembalap 37 tahun itu semakin bersemangat. “Tidak bisa ditampik, iya, saya sangat senang dengan sirkuit Assen. Sangat bersemangat untuk mendapatkan poin di sana,” kata Rossi.

Wajar the Doctor sangat gemar dengan Assen. Sirkuit sepanjang 4.500 meter ini punya treksempit dengan kombinasi pergantian arah yang cepat. Dengan karakter seperti ini, Rossi memang punya banyak keahlian untuk bisa tampil jadi yang tercepat.

Peruntungan yang kian berpihak kepada Rossi ini pun memancing kecemasan para kompetitornya. Marquez mengaku Rossi saat ini sedang sangat kuat-kuatnya dalam membalap. Rider Respol Honda ini pun menyatakan akan kian sigap untuk menghadapi Rossi pada race-race selanjutnya.

“Jelas dia menunjukkan kelasnya dengan semua attitude yang dia miliki, Rossi tetap jadi lawan yang paling kuat di ajang ini dengan level yang sangat tinggi,” kata pembalap asal Spanyol ini.

Pembalap asal Spanyol ini tak menampik, kehebatan Rossi tak hanya soal skill susul-menyusul di jalanan. Di luar trek, sikap seniornya itu sangat memberikan contoh. Pernyataannya ini, mengacu kepada sikap Rossi saat menyalaminya beberapa pekan lalu.“Sikap tenangnya adalah kekuatan dia di balapan, saya harus segera bisa menanggapi kebangkitannya,” ujar dia.

Rekan setim Rossi, Lorenzo menilai pemilik gelar juara dunia sembilan kali itu akan jadi ancaman pada race-race selanjutnya. Menurut dia, pertarungan dengan Rossi yang sudah dia jalani bertahun-tahun membuktikan rekan sekaligus lawannya itu tak bisa dipnadang remeh. “Musim lalu kami beriringan ketat. Saat ini dia kembali ke treknya dan itu harus bisa diantisipasi,” kata Lorenzo

Klasemen Sementara MotoGP

Pembalap    Tim    Poin

Marc Marquez    Repsol Honda    125

Jorge Lorenzo    Movistar Yamaha    115

Valentino Rossi    Movistar Yamaha    103

Dani Pedrosa    Repsol Honda    82

Maverick Vinales    Team Suzuki Ecstar    72

Pol Espargaro    Monster Yamaha Tech3    59

Aleix Espargaro    Team Suzuki Ecstar    49

Hector Barbera    Avintia Racing    49

Andrea Dovizioso    Ducati Team    43

Andrea Iannone    Ducati Team    41

Eugene Laverty    Aspar Team MotoGP    39

Bradley Smith    Monster Yamaha Tech 3    29

Stefan Bradl    Aprilia Racing Team Gresini    29

Alvaro Bautista    Aprilia Racing Team Gresini    29

Danilo Petrucci    Octo Pramac Yakhnich    24

Cal Crutchlow    LCR Honda    20

Michele Pirro    Octo Pramac Yakhnich    19

Scott Redding    Octo Pramac Yakhnich    16

Tito Rabat    Estrella Galicia  Marc VDS    13

Loris Baz    Avintia Racing    8

Jack Miller    Estrella Galicia 0,0 Marc VDS    7

Yonny Hernandez    Avintia Racing    3

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement