Sabtu 18 Jun 2016 12:08 WIB

Catatan Gol Terbanyak Sepanjang Piala Eropa

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Israr Itah
Penyerang Yugoslavia Darko Kovacevic (kanan) berduel bola dengan bek Slovenia Darko Milanic pada pertandingan Grup C Piala Eropa 2000.
Foto: EPA PHOTO EPA/MICHELE LIMINA
Penyerang Yugoslavia Darko Kovacevic (kanan) berduel bola dengan bek Slovenia Darko Milanic pada pertandingan Grup C Piala Eropa 2000.

REPUBLIKA.CO.ID, Sejak 1960 silam, gelaran Piala Eropa harus diakui menjadi pesta terbesar antarnegara Benua Biru. Ratusan gol dari banyak laga sudah dibukukan.

Dari 14 kali gelaran sepak bola tertinggi di Benua Biru itu, banyak catatan sejumlah pertandingan yang membukukan hasil gol-gol terbanyak. 

Berikut catatan dari UEFA tentang laga di Piala Eropa dengan jumlah gol terbanyak.

1. Prancis kontra Yugoslavia (sembilan gol)  

Laga dramatis kedua negara berakhir dengan sembilan gol. Prancis harus mengakui kesebelasan Yugoslavia bertandang ke Parc des Princes Stadium bukan tanpa 'peluru' handal. Buktinya, negara perang itu bisa menaklukan tuan rumah dengan skor 4-5. Laga kedua negara terjadi di babak semifinal Pial Eropa 1960 silam. 

Bahkan, skuat Les Bleus sebagai sebagai tuan rumah tak mampu membuka keunggulan. Pemain lini tengah Yugoslavia, Milan Galic membukukan gol cepatnya ke gawang Prancis di menit ke-11 babak pertama. Tim tuan rumah sempat, dalam catatan pertandingan, sempat memimpin dengan skor 4-2. 

Namun tiga gol beruntun milik Tomislav Knez di menit ke-75 babak kedua, dan dua gol dari Drazan Jerkovic di menit ke-78 dan 79, membuat kedudukan berbalik menjadi 4-5. Berhasil mengandaskan Prancis, membuat Yugoslavia harus berhadapan dengan Uni Soviet dan berakhir dengan kekalahan.

2.  Yugoslavia kontra Jerman Barat (enam gol) 

Laga kedua negara terjadi babak semi final Piala Eropa 1976. Piala Eropa yang ke-5 kalinya itu mengambil tempat di Yugoslavia. Dalam laga di Stadion FK Crvena Zvezda, di Belgrade tercatat ada enam gol yang dibukukan. Empat gol terjadi di waktu normal. Dua gol lainnya terjadi di babak pertambahan waktu. Tim tuan rumah harus kandas dari Tim Panser Jerman Barat dengan skor 2-4.

3. Rusia kontra Republika Ceska (enam gol)

Dalam laga kedua negara tercatat ada enam gol di Piala Eropa 1996 di Inggris. Dua kesebelasan masing-masing negara mengakhiri pertandingan dengan skor imbang 3-3 di babak penyisihan Grup C. Laga imbang ketika itu dihelat di Anfield Arena, Liverpool pada 19 Juli 1996 silam. 

4. Yugoslavia kontra Slovenia (enam gol)

Ada sebanyak enam gol yang terjadi dalam pertandingan kedua negara. Kedua timnas bertemu di Piala Eropa 2000 ketika Belgia - Belanda menjadi tuan rumah. Kedua negara bertemu di Stadium Pays de Charleroi, Belgia saat penyisihan Grup C. Hasil pertandingan dua babak berakhir imbang 3-3. 

Pemain pengganti Yugoslavia, Savo Milasovic menjadi pahlawan dalam laga tersebut. Dua gol darinya di babak kedua membuat Yugoslavia mampu mengimbangi Slovenia yang sejak awal sudah unggil 1-3. Gol Milasovic terjadi di menit ke-61 dan 73.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement