Jumat 17 Jun 2016 14:23 WIB

Gareth McAuley, Bintang Irlandia Saat Atasi Ukraina

Rep: Ali Mansur/ Red: Israr Itah
Gareth McAulay
Foto: REUTERS/ Robert Pratta
Gareth McAulay

REPUBLIKA.CO.ID, LYON -- Irlandia Utara membuat kejutan pada laga kedua babak penyisihan Grup C Piala Eropa 2016 dengan mengalahkan Ukraina 2-0. Bek gaek mereka, Gareth McAuley, terpilih menjadi bintang kemenangan Irlandia Utara itu.

Bek milik West Bromwich Albion itu juga mencatatkan sejarah penting bagi Irlandia Utara. Bek yang bermain di klub WestBrom ini menjadi pencetak gol pertama bagi negaranya di turnamen Piala Eropa. Tidak hanya itu berkat penampilannya ciamiknya, dia terpilih sebagai pemain terbaik dalam laga tersebut.

"Saya hanya berusaha tampil maksimal untuk nagara kami. Bagiku yang terpenting adalah menang," ungkap McAuley seperti dilansir laman resmi UEFA, Jumat (17/6).

Bahkan selain mampu menjebol gawang lawan, McAuley juga berhasil menjaga barisan pertahanannya sehingga tidak kebobolan oleh lawan. Dalam laga itu, dia berhasil memenangkan tiga duel udara. Kemudian  dia juga berhasil mencatatkan lima kali blok, dan tiga kali mememotong bola. 

Usia McAuley terbilang senja untuk posisi sebagai bek andalan. Pemain berusia 36 tahun itu sempat ingin pensiun dari tim nasional Irlandia Utara pada 2007 silam, tapi membatalkannya. Keputusan itu ternyata tak salah.

Dalam laga selanjutnya, Irlandia Utara akan melakoni partai hidup mati melawan Jerman di Parc des Princes pada Selasa (21/6) nanti. Jika berhasil menahan imbang Jerman, Irlandia Utara punya peluang lolos ke 16 besar sebagai salah satu dari empat runner up terbaik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement