Jumat 17 Jun 2016 11:09 WIB

Lewandowski Dibela Meski tak Kunjung Cetak Gol

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Israr Itah
Robert Lewandowski (merah)
Foto: REUTERS/Darren Staples
Robert Lewandowski (merah)

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS -- Bomber Polandia, Robert Lewandowski kembali gagal mencetak gol dalam ajang Piala Eropa 2016. Kali ini pada laga kedua Grup C melawan Jerman, bomber 27 tahun itu belum mampu menunjukan tajinya.

Pemain yang akrab disapa Lewy ini diharapkan menjadi pemimpin serangan Polandia. Akan tetapi, ia belum memenuhi ekspektasi untuk mencetak gol dalam dua pertandingan awal Polandia di Piala Eropa 2016. Padahal ia mengemas 13 gol pada babak kualifikasi dan menjadi top skorer.

Meski begitu, pelatih Polandia Adam Nawalka sama sekali tidak khawatir dengan preforma Lewandowski. Dia menyatakan, tugas mantan bintang Borussia Dortmund di skuat bukan sekadar menyumbang gol.

"Penampilan Lewandowski selalu penting untuk rencana permainan kami. Dia belum mencetak gol, tapi dia bekerja keras. Dia selalu berpikir untuk tim, dan memiliki peran besar untuk menarik keluar para pemain bertahan lawan. Dia juga menciptakan ruang," ucap Nawalka seperti dikutip dari situs resmi UEFA, Jumat (17/6).

Statistik mencatat, Lewandowski melepaskan empat percobaan ke gawang lawan dalam dua pertandingan. Dua di antaranya tidak tepat sasaran, dan dua lainnya diblok bek lawan.

Dengan profil sebagai salah satu penyerang tertajam di Eropa saat ini, Lewandowski memang pantas mendapatkan penjagaan ketat dari lini pertahanan lawan. Hal itulah yang terjadi dalam dua pertandingan melawan Irlandia Utara dan Jerman.

"Dia mencuri perhatian para pemain lawan sehingga rekan-rekannya bisa memiliki peluang untuk mencetak gol. Sejauh ini dia tampil baik meski tak menciptakan gol, tapi saya senang dengannya," ujar Nawalka.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement