Rabu 15 Jun 2016 03:56 WIB

Portugal Ditahan Imbang Islandia

Birkir Bjarnason (putih) saat menjebol gawang Portugal.
Foto: REUTERS/Max Rossi
Birkir Bjarnason (putih) saat menjebol gawang Portugal.

REPUBLIKA.CO.ID, SAINT ETIENNE—Portugal harus puas hanya mendapatkan satu angka dari laga pembuka mereka di Grup F Piala Eropa 2016. Portugal ditahan Islandia 1-1 di Stade Geoffroy Guichard, Saint Etienne, Rabu (15/6) dini hari WIB.

Portugal sejatinya mendominasi sepanjang pertandingan. Namun lemahnya bola terakhir membuat sejumlah bangunan serangan terbuang percuma.

Ditambah satu kesalahan di lini belakang membuat Islandia dapat mencetak gol.

Portugal membuka skor pada menit ke-31 lewat Nani. Gol berawal dari bola operan Andre Gomes yang lepas dari sisi kiri pertahanan Islandia.

Ia mengirimkan bola kepada Nani yang masuk ke kotak penalti tanpa kawalan. Dengan kecepatan tinggi Nani langsung meneruskan bola tersebut ke arah kiri gawang tanpa bisa dicegah kiper Hannes Thor Halldorsson.

Portugal berupaya menambah gol pada sisa laga, namun tak bisa menembus pertahanan Islandia hingga babak pertama berakhir.

Cristiano Ronaldo dkk kembali mengambil inisiatif serangan sejak awal babak kedua. Tapi para pemain Islandia selalu mampu membaca alur serangan Portugal dengan baik dan mematahkannya.

Hingga pada menit ke-51, Islandia melancarkan serangan. Johann Gudmundsson melepaskan umpan tarik ke kotak penalti Portugal. Pepe yang seharusnya menjaga Birkir Bjarnason malah tertarik berlari ke arah Sigthorsson.

Dalam posisi bebas tanpa kawalan di depan gawang, Bjarnason dengan mudah melepaskan tendangan keras menaklukkan kiper Rui Patricio.

Portugal berusaha mencari gol kedua untuk kembali memimpin, namun bola kerap kandas sebelum tiba di depan gawang.

Kondisi ini membuat pelatih Fernando Santos memasukkan Renato Sanches, Ricardo Quaresma, dan Eder. Pergantian ini membuat opsi penyerangan Portugal makin banyak.

Sayangnya gol yang dicari tak kunjung datang berkat disiplinnya pertahanan Islandia dan kehebatan kiper Halldorsson. Islandia malah dapat berbalik unggul andai tendangan keras kaki kiri pemain pengganti Alfred Finnbogason gagal ditahan Patricio.

Portugal mendapatkan peluang terakhir mencetak gol pada injury time lewat tendangan bebas. Namun dua kali sepakan bebas Ronaldo tak mengancam gawang Islandia.

Hasil ini membuat Hungaria sementara memimpin Grup F dengan nilai tiga, disusul Portugal dan Islandia yang sama-sama mengoleksi nilai satu. Adapun Austria menempati posisi buncit.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement