Wednesday, 24 Safar 1441 / 23 October 2019

Wednesday, 24 Safar 1441 / 23 October 2019

 

Pepaya dan Pisang Laris Saat Ramadhan

Selasa 14 Jun 2016 18:53 WIB

Red: Ani Nursalikah

Pie kolak pisang

Pie kolak pisang

Foto: Darmawan/Republika

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Sejak awal Ramadhan buah-buahan jenis pepaya dan pisang di sejumlah Pasar di Padang, Sumatra Barat (Sumbar) laris dibeli warga untuk menu berbuka puasa.

"Sekarang peningkatan pembeli pepaya dan pisang naik 20 persen dari seminggu sebelum Ramadhan," kata pedagang buah-buahan di Lapai, Kecamatan Nanggalo Padang, Iman (48 tahun) di Padang, Selasa (14/6).

Ia menambahkan, minat warga Kota Padang membeli pisang dan pepaya itu terlihat hingga pedagang kehabisan stok kedua jenis buah-buahan itu setiap harinya. Menurutnya, pisang yang banyak diminati atau dibeli yaitu jenis pisang batu atau pisang kepok. Gunanya untuk diolah jadi takjil untuk menu berbuka puasa.

"Pisang dijual satu sikatan kisaran Rp 15 ribu hingga Rp 18 ribu. Sedangkan pepaya per kilonya Rp 4.000," ujarnya.

Ia menjelaskan, pisang dan pepaya yang dijual itu, pasokannya datang dari Bukittinggi, Jambi dan Padang Pariaman. Sama halnya dengan pedagang buah-buahan di Pasar Raya Siti (36) menyebutkan buah yang paling diminati dan laris saat Ramadhan ialah pisang dan pepaya.

"Biasanya hanya habis lima hingga 10 sisir, namun saat Ramadhan habis hi ngga 35 sisir," ujarnya.

Sementara pembeli, Anis mengatakan dalam bulan puasa pisang dan pepaya sangat disukai anak-anaknya. "Dalam satu minggu saya membeli pisang dan pepaya tiga sampai empat kali," ujarnya.

Sumber : Antara
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES