Senin , 13 Jun 2016, 14:51 WIB

Merauke Panen Padi 43 Ribu Hektare

Red: Dwi Murdaningsih
Antara/Oky Lukmansyah
Panen padi (ilustrasi).
Panen padi (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAYAPURA -- Petani di Kabupaten Merauke kini memanen lahan pertanian yang luasnya mencapai 43 ribu hektare. Panen ini diyakini bisa memenuhi kebutuhan lokal Papua.

"Luas tanam yang akan di panen 43 ribu hektare, kalau per hektare bisa empat ton saja, cukup banyak hasilnya," ujar Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Papua Semuel Siriwa di Jayapura, Senin (13/6).

Ia menjelaskan, sebagian besar hasil produksi petani di Merauke akan dibeli Bulog Divisi Regional Papua. Namun masih ada sedikit kendala dalam hal tempat penyimpanan.

"Kemarin sudah panen dan Bulog sudah siap menampung, namun hanya gudangnya masih terbatas. Pemprov Papua tahun ini akan membangun gudang dengan kapasitas 7.000 ton dan dari Bulog rencana juga akan membangun sehingga penampungan beras di Merauke akan semakin bagus," kata dia.

Bulog Divisi Regional Papua telah menyerap 8.048 ton beras hasil produksi petani di sejumlah daerah yang ada di Papua.
"Kalau pengadaan kita sudah berjalan, sampai saat ini kotraknya sudah 8.048 ton, ini seluruhnya dari Merauke, Nabire dan Manokwari. Sudah terealisasi 6.150 ton," ujar Kepala Bulog Divre Papua Muhammad Attar Rizal.

Video

Setjen DPR RI Komit Berdayakan Perempuan