Ahad 12 Jun 2016 13:31 WIB

Pemprov Maluku Syaratkan Penerima Beasiswa Mengabdi di Daerah

Beasiswa
Foto: ist
Beasiswa

REPUBLIKA.CO.ID, AMBON -- Pemerintah Provinsi Maluku menyiapkan beasiswa bagi 65 calon mahasiswa dari golongan ekonomi kurang mampu untuk mengikuti program strata satu (S-1), S-2, dan S-3.

"Formasi 65 orang itu terdiri atas S-1 maupun S-3 masing-masing sebanyak 20 orang dan 25 lainnya bagi S-2," kata Kabag Humas Pemprov Maluku Bobby Palapia, Ahad (12/6).

Program beasiswa itu untuk calon mahasiswa yang akan berkuliah di Universitas Hasanuddin (Makassar, Sulawesi Selatan) dan Universitas Padjajaran (Bandung, Jawa Barat). Bagi yang berminat bisa mendaftar di Biro Kesra, kompleks Kantor Gubernur Maluku.

"Bila berdasarkan hasil seleksi dinyatakan lolos, calon mahasiswa diwajibkan membuat surat pernyataan selesai kuliah harus mengabdi di Maluku," ujar Bobby.

Pertimbangannya, sering calon mahasiswa diberikan fasilitas pendidikan dari Pemprov Maluku, tetapi usai menyelesaikan pendidikan, tidak mau mengabdi di Maluku.

"Makanya, nanti ada kontrak yang harus ditandatangani calon mahasiswa yang menerima beasiswa Pemprov Maluku," kata Bobby.

Ia mengemukakan program beasiswa itu merupakan terobosan Pemprov Maluku dalam rangka menyiapkan sumber daya manusia (SDM) berkualitas agar bisa mengelola potensi sumber daya alam (SDA) bernilai ekonomis.

"Jadi, peluang strategis ini hendaknya dimanfaatkan seoptimalnya agar program Pemprov Maluku untuk 'anak negeri' mengelola potensi SDA terealisasi," kata Bobby.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement