Anggota DPR RI Bagikan 20 Traktor pada Kelompok Tani Padang

Ahad , 12 Jun 2016, 13:25 WIB
Traktor tangan, ilustrasi
Foto: mesinindustri
Traktor tangan, ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Anggota Komisi IV DPR RI, Hermanto, menyerahkan 20 unit alat mesin pertanian (alsintan) berupa hand tractor kepada 20 kelompok petani di Kota Padang, Sumatra Barat (Sumbar). Bantuan tersebut sebagai upaya memoderenkan sektor pertanian di Kota Padang.

"Mari kita gunakan alat ini dengan baik, semoga dapat meningkatkan hasil pertanian," kata politikus PKS itu di Dinas Pertanian, Peternakan, Perkebubanan dan Kehutanan (Pernakbunhut) Kota Padang.

Sementara itu, dalam keterangan tertulis yang diterima Republika, Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansharullah menuturkan, sektor pertanian di Kota Padang, memang butuh perhatian. Saat ini, ia menjabarkan, pertanian di daerahnya hanya mampu memenuhi 30 persen kebutuhan dari 1,1 juta jiwa warga Kota Padang.

"Artinya ini perlu ditingkatkan dengan teknologi mesin dan peralatan pertanian, karena lahan mulai bekurang. Tetapi kita harapkan produksi dapat meningkat," ujar Mahyeldi, Ahad (12/6).

Sementara itu, Kepala Dinas Pernakbunhut Kota Padang, Dian Fakri menuturkan, bantuan hand tractor itu memenuhi kebutuhan petani. Sebab, saat ini Pemkot Padang memangkas alokasi anggaran di lembaganya, dari Rp 17 miliar menjadi Rp 7 miliar.

"Bantuan ini menggairahkan petani dan menghindari stagnasi di sini," jelasnya.