Monday, 24 Muharram 1441 / 23 September 2019

Monday, 24 Muharram 1441 / 23 September 2019

 

6 Tips Hindari Dehidrasi Saat Berpuasa

Sabtu 11 Jun 2016 11:52 WIB

Red: Agung Sasongko

Tubuh membutuhkan cairan agar tidak dehidrasi

Tubuh membutuhkan cairan agar tidak dehidrasi

Foto: wikipedia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Makanan yang Anda konsumsi sangat berpengaruh dalam mengendalikan rasa haus selagi Anda berpuasa. Berikut ini beberapa poin cara mencegah kehausan selama Ramadhan:

Minumlah sedikitnya delapan gelas sehari. Jika hal ini dilatih terus menerus dan di luar sana cuaca cukup panas, maka Anda akan kehilangan lebih banyak cairan. Jadi, tambahlah beberapa gelas air.

Hindari hidangan panas dan pedas yang dapat meningkatkan rasa haus.

Jangan menambah garam atau salad dan hidangan lainnya. Hindari juga makanan dengan kadar garam tinggi, seperti ikan dan acar atau asinan yang dapat menuntut tubuh Anda lebih banyak mengonsumsi air.

Makanlah buah dan sayuran segar yang kaya akan air dan serat. Buah dan sayur akan mencerna di usus Anda dalam waktu yang cukup lama dan dapat mengurangi rasa haus.

Minumlah jus buah segar, bukan jus yang manis.

 Cobalah untuk tidak minum air dengan jumlah yang banyak dalam satu kali minum atau lebih banyak minum selagi makan. Sebaliknya, minum air di antara waktu makan Anda.

Wajib diketahui

Minum air dingin atau es kala waktu berbuka puasa tidak dapat menghilangkan rasa dahaga atau haus Anda, tetapi dapat menyebabkan pembuluh darah berkontraksi dan menyebabkan gangguan pencernaan. Untuk alasan ini, sebaiknya Anda minum air pada suhu kamar atau sedikit dingin.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA