Sabtu 11 Jun 2016 04:07 WIB

Dimitri Payet Antarkan Prancis Tumbangkan Rumania

Rep: Gilang Akbar Prambadi/ Red: Israr Itah
Dimitri Payet (tengah) merayakan golnya yang menjadi penentu kemenangan Prancis atas Rumania.
Foto: REUTERS/Lee Smith
Dimitri Payet (tengah) merayakan golnya yang menjadi penentu kemenangan Prancis atas Rumania.

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS -- Dimitri Payet menjadi pahlawan Prancis dalam laga pembuka Piala Eropa 2016. Satu assist dan satu golnya mengantarkan Les Bleus menaklukkan Rumania 2-1 dalam pertandingan Grup A di Stade de France, Saint Denis, Sabtu (11/6) dini hari WIB.

Hasil ini membuat Prancis memuncaki klasemen sementara Grup A. Dua tim lain, Albania dan Swiss baru akan bermain pada Sabtu malam WIB.

Pertandingan berlangsung sengit sepanjang laga dengan inisiatif penyerangan dipegang Prancis. Skuat asuhan Didier Deschamps yang tampil dominan beberapa kali menciptakan peluang emas pada babak pertama. Namun tak satupun berbuah gol akibat lemahnya penyelesaian akhir.

Tak mau kehilangan poin penuh, Prancis kembali menggebrak sejak awal babak kedua. Olivier Giroud kembali menjadi aktor yang membuat detak jantung pendukung Rumania berhenti sesaat. Sayang, sepakan jarak dekatnya pada menit ke-49 masih tepat mengarah ke pelukan Tatarusanu.

 

Giroud yang membuang banyak peluang akhirnya berhasil juga menjebol gawang Rumania. Sundulan striker 29 tahun ini menjebol gawang Rumania pada menit ke-57, memanfaatkan umpan Payet.

Rumania merespons, dua menit kemudian Andone menebar ancaman. Namun sundulan pemain nomor punggung 14 ini masih melebar.

Tekanan Rumania akhirnya berbuah petaka bagi Prancis. Menit ke-63, pasukan Anghel Lordanescu mendapatkan penalti.

Maju sebagai eksekutor, Bogdan Stancu sukses menaklukkan Hugo Lloris dengan menempatkan bola di kiri gawang Prancis pada menit ke-65.

Masuknya Martial membawa warna baru dalam permaianan pasukan Didier Deschamps. Aksi Martial berkolaborasi dengan Giroud berbuah peluang pada menit ke-80. Namun tembakan bintang Manchester United (MU) itu bisa diamankan Tatarusanu.

Payet benar-benar jadi bintang dalam laga ini. Di tengah permaianan timnya yang mulai mengendur, pemain milik West Ham United United melepas tembakan kaki kiri yang terarah ke sudut kanan gawang Rumania semenit sebelum waktu normal berakhir.

Padahal dia dalam posisi dijaga dan tak dalam posisi ideal melepaskan tembakan. Namun bola sepakannya melengkung masuk ke pojok atas gawang Tatarusanu.

Susunan pemain: 

Prancis (4-3-3)

Lloris; Evra, Rami, Koscieleny, Sagna; Matuidi, Kante, Pogba (Martial); Payet (Sissoko), Giroud, Griezmann (Coman).

Cadangan : Mandanda, Costill, Jallet, Cabaye, Gignac, Martial, Scheneiderlin, Mangala, Digne, Sissoko, Coman, Umtiti

Rumania (4-3-3)

Tatarusanu; Sapunaru, Chiriches, Grinore, Rat; Stanciu, Hoban, Pintilii ; Popa (Torje), Andone, Stancu (Chipciu)

Cadangan : Pantilimon, Lung, Matel, Moti, Chipciu, Talibec, Torje, Keseru, Gaman, Pilip, Sanmartean, Prepelita.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement