Sabtu 11 Jun 2016 02:56 WIB

Prancis-Rumania Masih tanpa Gol

Rep: Gilang Akbar Prambadi/ Red: Israr Itah
Striker Prancis Olivier Giroud (biru) dijaga pemain Rumania Vlad Chiriches.
Foto: REUTERS/Darren Staples
Striker Prancis Olivier Giroud (biru) dijaga pemain Rumania Vlad Chiriches.

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS--Belum ada gol pada laga pembuka Piala Eropa 2016 yang mempertemukan Prancis dan Rumania di Stadion Stade de France, Sabtu (11/6) dini hari WIB. Kedua tim yang tergabung di Grup A ini bermain imbang 0-0 hingga babak pertama usai, meskipun Prancis mendominasi permainan dengan ragam peluang.

Jalannya laga babak pertama, Prancis nyaris kecolongan saat terjadi kemelut di depan gawang sendiri. Beruntung, pergerakan bola yang begitu liar di mulut gawang bisa diamankan Kiper Hugo Llroris.

Empat menit berselang, sadar serangan timnya bisa selalu dipotong oleh pertahanan lawan, striker Les Bleus Antoine Griezmann coba melepas kebuntuan dengan tembakan jarak jauh. Namun usahanya sia-sia karena bisa diblok pemain belakang lawan.

Menit ke-10, Prancis punya peluang bersih saat bola kiriman winger Dimitri Payet berhasil disambar kepala striker Olivier Giroud. Namun sayang sundulan bomber 29 tahun itu masih melebar tipis di sisi kiri gawang lawan.

Prancis benar-benar menyerang habis-habisan pada awal laga. Kali ini pada menit ke-18, berawal dari visi luar biasa gelandang Paul Pogba yang mengirim bola panjang menyusur tanah dari tengah ke sisi kiri pertahanan Rumania.

Umpan yang membelah pertahanan Rumania itu disambut Bacary Sagna yang langsung mengirim umpan silang mendatang kepada Griezmman.

Meski dikawal dua orang, bintang Atletico Madrid ini bisa melepaskan diri. Sundulannya nyaris membuat publik Stade de France bergemuruh. Sayang, si kulit bundar hanya menerpa tiang gawang kiri Rumania.

Prancis sempat mengendurkan serangan. Lalu pada menit ke-28, Pogba melepaskan tembakan jarak jauh yang mengincar sisi kanan gawang Rumania. Tapi bola masih melambung tipis tanpa perlu diantisipasi oleh kiper lawan, Ciprian Tatarusanu.

Berbeda dengan Prancis, Rumania lebih bermain sabar dan menunggu. Alhasil, tak banyak peluang yang bisa dibuat oleh Tricolorii selain via serangan balik yang itupun semua tak efektif.

Menit ke-35, peluang lagi-lagi didapat Griezmann. Berawal dari umpan tarik Payet dari sisi kanan pertahanan Rumania, bola tarik dicocor oleh Griezmann yang ada di depan gawang. Akan tetapi, sepaknnya berbelok arah keluar lapangan setelah sempat diblok oleh bek kanan Rumania, Christian Sapunaru.

Rumania berpeluang mendapatkan hadiah tendang penalti. Kejadian berlangsung cepat saat penyerang tengah Rumania Florine Andone mendapat bola di dalam kotak 16 Prancis.

Saat menerima bola dengan dada, kaki Andone dihajar oleh bek Tim Ayam Jago, Laurent Koscielny. Andone pun tersungkur dan harus menerima perawatan. Namun, wasit Viktor Kassai tak melihat kejadian tersebut sebagai pelanggaran.

Pada pengujung babak pertama, Giroud lagi-lagi nyaris membawa Prancis unggul. Akan tetapi, sundulan yang mengonversi umpan sepakan pojok Payet melambung tipis.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement