Jumat 10 Jun 2016 22:46 WIB

Ini Tim dengan Skuat Tertua di Piala Eropa 2016

Rep: Gilang Akbar Prambadi/ Red: Israr Itah
Timnas Irlandia
Foto: REUTERS/Robert Pratta
Timnas Irlandia

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS—Upacara pembukaan Piala Eropa 2016 Prancis akan dimulai beberapa jam lagi. Digelarnya upacara tersebut akan jadi tanda dimulainya gelaran pesta sepak bola yang hanya dihelat empat tahun sekali di Benua Biru.

Sebanyak 24 timnas terbaik di daratan Eropa siap meramaikan 51 laga di 10 stadion hingga partai puncak 11 Juli mendatang.

Dari seluruh tim yang berlaga, Republik Irlandia jadi kesebelasan yang paling tua di antara kontestan lainnya. Dilansir dari laman resmi UEFA, Jumat (10/6), usia rata-rata pemain Republik Irlandia tercatat berada di angka 29,39 tahun.

Usia rata-rata tua ini disumbang oleh 11 pemain The Boys in Green yang dipanggil oleh pelatih Martin O’Neill ke dalam skuat. Di bawah Irlandia, ada Rusia dengan rata-rata usia pemain mencapai 28,83. Di dalam skuat Beruang Merah, sembilan pemain tercatat berusia lebih dari 30 tahun.

Selanjutnya, Republik Ceska dengan 11 pemain di atas 30 tahunnya mencatat usia rata-rata 28,70. Kemudian Slovakia juga punya 11 pemain berusia lebih dari 30 tahun yang membuat tim asuhan Jan Kozak ini punya skuat dengan rata-rata usia 28,43 tahun.

“Meski skuat kami tak bisa disebut muda, namun saya yakin pengalaman para pemain gaek ini akan sangat berguna bagi tim ini di Piala Eropa nanti,” kata O’Neill dikutip dari Mirror.

Pelatih 64 tahun ini tak membantah, timnya memang masih membutuhkan muka-muka lama yang hebat di masanya. Hal itu dibuktikan dengan tetap masuknya striker Robbie Keane yang tengah cedera ke dalam skuat untuk Piala Eropa. O’Neill mengatakan, untuk pemain usia 35 tahun, Keane memang sudah tergolong tua.

“Tapi kami membutuhkannya, dia adalah kapten yang dihormati pemain-pemain lainnya. Pengalamannya akan memberikan hasil positif kepada tim ini di Prancis,” kata O’Neill.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement