Jumat 10 Jun 2016 17:04 WIB

Wow, Kevin/Gideon 'Gilas' Ganda Terkuat Cina

Pasangan Kevin Sanjaya Sukamuljo/Gideon Marcus Fernaldi
Foto: PBSI
Pasangan Kevin Sanjaya Sukamuljo/Gideon Marcus Fernaldi

REPUBLIKA.CO.ID, SYDNEY -- Pasangan ganda putra unggulan tujuh Kevin Sanjaya Sukamuljo/Gideon Marcus Fernaldi berhasil mengalahkan ganda putra terkuat Cina unggulan dua, Fu Haifeng/Zhang Nan, di babak perempat final turnamen Australia Open Super Series 2016, Jumat (10/6). Kevin/Sanjaya lolos ke babak semifinal mengikuti jejak rekannya unggulan enam, Angga Pratama/Ricky Karanda Suwardi.

Penempatan bola yang sulit dan diikuti serangan-serangan keras Kevin/Gideon tampak menyulitkan Fu/Zhang. Kevin/Gideon sempat unggul 6-3 dan 8-5. Fu/Zhang mampu menyamakan kedudukan dengan 9-9 dan 10-10. Kevin/Gideon unggul 11-10 di paruh gim pertama.

Kevin/Gideon tidak membiarkan pasangan peringkat empat dunia itu untuk mengembangkan permainannya. Kevin/Gideon juga merapatkan pertahanannya saat diserang Fu/Zhang. Kevin Gideon unggul dari 13-12, 19-12, dan memenangi gim pertama dengan 21-13.

Kevin/Gideon terus melanjutkan dominasinya di awal gim kedua dengan langsung unggul jauh 11-4 di paruh gim. Namun, serangan-serangan balik Fu/Zhang di paruh akhir gim kedua sempat membuat lengah Kevin/Gideon.

Fu/Zhang mampu menyamakan kedudukan menjadi 15-15 dan bahkan berbalik unggul dengan 15-16 dan 16-17. Kevin/Gideon kembali unggul dengan 18-17 dan memenangi pertandingan dengan 21-18.

Kemenangan ini merupakan kemenangan pertama Kevin/Gideon dari empat pertemuan melawan Fu/Zhang. Tiga pertemuan sebelumnya selalu dimenangi Fu/Zhang. Pertemuan terakhir kedua pasangan terjadi di Singapore Open Super Series 2016 lalu.

Di babak semifinal, Kevin/Gideon akan melawan pasangan baru Cina, Liu Cheng/Zheng Siwei. Di perempat final, pasangan Cina itu mengalahkan unggulan empat dari Jepang, Hiroyuki Endo/Kenichi Hayakawa, 21-6 dan 21-17.

Di sektor putri, pasangan ganda putri unggulan dua, Greysia Polii/Nitya Krishinda Maheswari, belum menemui kesulitan untuk menembus babak semifinal. Namun, Greysia/Nitya sudah ditunggu lawan berat di semifinal, yaitu unggulan tiga dari Cina, Tang Yuanting/Yu Yang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement