Jumat 10 Jun 2016 16:28 WIB

Neuer Berpeluang Jadi Kapten di Laga Perdana Jerman

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Angga Indrawan
Manuel Neuer
Foto: REUTERS/Wolfgang Rattay
Manuel Neuer

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS -- Penjaga gawang tim nasional Jerman, Manuel Neuer, siap untuk melangkah sebagai kapten tim pada pertandingan pembuka Piala Eropa 2016 melawan Ukraina, Ahad (12/6). Kapten utama, Bastian Schweinsteiger diragukan untuk tampil, meski ia sempat memainkan 23 menit pertandingan dalam kemenangan Jerman 2-0 atas Hongaria akhir pekan lalu.

Gelandang Manchester United itu menderita cedera ligamen lutut saat bermain untuk timnas Jerman pada Maret lalu. Ia belum memainkan 90 menit pertandingan sejak Januari lalu. Jika Schweinsteiger gagal tampil dalam laga pembuka Jerman di Lille, Neuer atau Sami Khedira kabarnya akan memimpin tim Juara Dunia 2014 tersebut.

Sementara itu, kepala pelatih timnas Jerman, Joachim Low, belum memutuskan siapa yang akan memerankan posisi kapten. Namun, Neuer telah memimpin tim dalam laga persahabatan dan kualifikasi.

"Sebagai kiper, saya harus bertanggung jawab dan saya melihat peran saya sebagai orang yang memandu pada pemain muda," kata Neuer, dilansir dari Sky Sports, Jumat (10/6).

Kiper Bayern Muenchen ini menegaskan dirinya siap untuk memimpin tim negara kelahirannya. Pemain berusia 30 tahun ini merasa sangat senang bahwa turnamen Piala Eropa akan segera dihelat. Sebelumnya, Neuer juga memainkan peran penting dalam kemenangan Jerman di Piala Dunia 2014. Kemenangan yang ia raih hanya satu tahun setelah ia mengangkat trofi Liga Champions di Wembley.

"Jelas, persiapan dan pelatihan dibutuhkan, tapi hal terbaik ialah ketika pertandingan dimulai. Suasana di dalam tim sangat bagus dan kami tak sabar untuk turun ke lapangan," lanjutnya.

Selain memilih kapten, Low harus kembali menyusun lini pertahanannya setelah bek tengah Antonio Rudiger menderita cedera ligamen di lututnya dalam pelatihan pada Selasa lalu. Jonas Hector akan berada di starting Xl sebagai bek kiri, sementara Benedikt Hoewedes atau Shkodran Mustafi akan bergabung dengan Jerome Boateng di posisi bek tengah. Sedangkan Joshua Kimmich akan start di posisi bek kanan.

Neuer menambahkan, dia tidak merasa terganggu dengan siapapun yang bermain di depannya. Menurut Neuer, tim Jerman memiliki pertahanan yang sangat baik, siapapun pemain yang berperan di dalamnya. Jerman akan menghadapi Polandia pada 16 Juni. Kemudian, Neuer dan kawan-kawan akan berhadapan dengan Republik Irlandia pada 21 Juni mendatang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement