Kamis 09 Jun 2016 13:26 WIB

Ini Tiga Pemain Termuda di Piala Eropa 2016

Rep: Gilang Akbar Prambadi/ Red: Israr Itah
Marcus Rashford (kiri) dan Renato Sanches
Foto: REUTERS
Marcus Rashford (kiri) dan Renato Sanches

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS—Pesta olahraga antarnegara Benua Biru, Piala Eropa 2016, akan digelar tak lama lagi. Upacara pembukaan yang langsung dilanjutkan dengan laga perdana antara Prancis kontra Rumania akan digelar Sabtu (11/6) dini hari WIB.

Seluruh tim sudah berada di Prancis untuk mengikuti jadwal yang telah disiapkan untuk sebulan ke depan. Dari sekian banyak pemain di antara tim-tim tersebut, ada sejumlah pesepakbola yang usianya masih sangat muda.

Berikut Republika.co.id merangkum dari laman resmi UEFA tiga pemain termuda pada Piala Eropa kali ini. Mereka masih berusia 18 tahun dengan penghitungan usia rata-rata hingga 1 Juni 2016.

1. Marcus Rashford (Inggris)

Penyerang milik Manchester United (MU) ini lahir pada 31 Oktober 1997 yang menjadikannya pemain paling muda di ajang Piala Eropa nanti. Meski masih sangat belia, Rashford gemilang bersama klubnya dengan mencetak delapan gol sejak debut Februari lalu.

2. Renato Sanches (Portugal)

Gelandang jebolan akademi Benfica ini lahir pada 18 Agustus 1997. Walau masih belia, kemampuan Renato tak bisa dipandang sebelah mata. Bayern Muenchen saja sampai rela merogoh kocek 35 juta euro (Rp 528,9 miliar) untuk membeli dia dari Benfica bulan Mei lalu. Bahkan, ada klausa 45 juta euro yang harus pula Muenchen bayarkan tergantung kepada sejumlah kesepakatan.

3. Emre Mor (Turki)

Winger Turki ini lahir di Denmark pada 24 Juli1997. Sempat memperkuat Denmark hingga Timnas U-19, Mor menjatuhkan pilihan ke Turki setelah masuk dalam skuat U-21 dan senior. Walau masih muda, bakatnya tak bisa dipandang sebelah mata karena klub sebesar Borussia Dortmund pun kepincut dengan membelinya dari FC Nordsjælland pada Selasa (7/6) lalu.

Rekor pemain termuda yang pernah bermain di Piala Eropa masih dipegang oleh pemain Belanda, Jetro Willems pada gelaran Piala Eropa 2012. Saat itu, Willems yang masih berusia 18 tahun 71 hari dimainkan melawan Denmark. Adapun, pencetak gol termuda Piala Eropa sepanjang masa adalah pemain Swiss, Johan Vonlanthen yang membuat gol ke gawang Prancis pada 2004 lalu. Saat itu usianya tercatat 18 tahun 141 hari.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement