Selasa 07 Jun 2016 07:29 WIB

Stephen Curry Absen Bela Amerika Serikat di Olimpiade Rio

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Israr Itah
Stephen Curry
Foto: REUTERS/Noer Qomariah Kusumawardhani
Stephen Curry

REPUBLIKA.CO.ID, AMERIKA SERIKAT—Stephen Curry telah mempertimbangkan untuk tidak mengikuti Olimpiade 2016 Rio de Janeiro. Cedera pergelangan kaki dan lututnya baru-baru ini menjadi alasan bintang Golden State Warriors ini.

MVP NBA musim lalu ini tidak mengemukakan faktor lain. Namun diduga ada faktor lain. Beberapa atlet menyatakan keperihatinan terhadap kondisi air di Rio dan virus Zika. 

Pemain basket asal Ohio ini telah memenangkan sepasang gelar juara dunia dengan Amerika Serikat dan menjadi starter ketika mereka memenangkan Piala Dunia Basket 2014.

Ia kemudian berbicara menginginkan kesempatan untuk memenangkan emas Olimpiade 2016. Tetapi ia harus merelakan kesempatan tersebut hilang begitu saja karena Curry dihajar cedera lutut dalam enam pertandingan play-off.

“Pengalaman saya sebelumnya dengan tim basket Amerika Serikat sangat bermanfaat, edukasional dan menyenangkan. Hal tersebut menyebabkan keputusan ini terasa sulit bagi saya dan keluarga saya,” kata Curry, dikutip dari Bloomberg, Selasa (7/6).

“Namun, karena beberapa faktor termasuk cedera pergelangan kaki dan lutut baru-baru ini. Saya yakin ini adalah keputusan terbaik dalam karier saya,” ujarnya lagi.

Curry mengatakan ia telah berbicara dengan keluarganya, Golden State Warriors, dan Ketua NBA Jerry Colangelo bahwa ia tidak akan pergi ke Brasil. Saat ini, ia hanya fokus mengantarkan Warriors untuk menjuarai NBA musim 2015/2016. Warriors saat ini memimpin 2-0 atas Cleveland Cavaliers dalam format final the best of seven.

“Jelas kami kecewa bahwa Curry tak akan tersedia pada musim panas ini. Tetapi kami memahami situasi yang timbul dan kami sepenuhnya mendukung keputusannya,” kata Colangelo.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement