Thursday, 22 Rabiul Awwal 1443 / 28 October 2021

Thursday, 22 Rabiul Awwal 1443 / 28 October 2021

Zenbo, Robot Rumah Tangga Asus yang Bisa Bicara

Senin 06 Jun 2016 12:12 WIB

Rep: Dyah Ratna Meta Novia/ Red: Winda Destiana Putri

ASUS Zenbo

ASUS Zenbo

Foto: Dailymail

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Asus memperkenalkan robot terbarunya, Zenbo. Zenbo merupakan robot untuk keperluan rumah tangga yang mampu mengontrol rumah, membantu saat dibutuhkan keluarga, dan bisa berbicara.

Robot berharga 599 dolar AS atau setara dengan Rp 7,7 juta tersebut memiliki dua roda untuk bergerak. Wajahnya berupa layar sentuh yang dilengkapi dengan emosi seperti emosi senang maupun emosi sedih.

Pemimpin Asus Jonney Shih mengatakan, Zenbo bisa bergerak sendiri, bisa diperintah dengan suara, menghibur anak kecil, juga membantu orang tua.

"Selama berpuluh-puluh tahun manusia memimpikan teman yang cerdas, menyayangi, membantu saat dibutuhkan, makanya kami menciptakan Zenbo, robot yang mampu mengerjalan pekerjaan rumah tangga," katanya dilansir the Guardian, beberapa waktu lalu.

Zenbo, terang dia, siap mengingatkan kakek nenek untuk berkunjung ke dokter guna medical check up. Ia juga akan memonitor dan mendeteksi situasi berbahaya di rumah, misalnya ada anggota keluarga yang jatuh.
 
Asus, ujar Jonney, berharap anak-anak akan menyukai Zenbo. Sebab Zenbo bisa menyanyi, menari, bercerita, bermain games.

"Zenbo merupakan robot yang ramah yang didesain untuk membantu, menghibur, dan menemani anggota keluarga."

Seperti dilansir Daily Mail, Zenbo juga ahli dalam bercerita. Ia bisa bercerita untuk anak-anak sampai mereka tertidur di malam hari. Robot ini sangat membantu orangtua.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA