Thursday, 17 Rabiul Awwal 1441 / 14 November 2019

Thursday, 17 Rabiul Awwal 1441 / 14 November 2019

 

Tips Jaga Kulit Tetap Sehat Selama Berpuasa

Jumat 03 Jun 2016 10:36 WIB

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Indira Rezkisari

Selama Ramadhan kaum Muslim dituntut untuk menjaga kesehatan agar bisa beribadah maksimal.

Selama Ramadhan kaum Muslim dituntut untuk menjaga kesehatan agar bisa beribadah maksimal.

Foto: Republika/Prayogi

REPUBLIKA.CO.ID, Menahan lapar dan haus saat berpuasa berarti berkurangnya asupan air secara drastis bagi tubuh. Hal ini tentu buruk karena kulit yang 70 persen komposisinya adalah air menjadi kurang terhidrasi.

Jangan khawatir, ada sejumlah kiat agar kulit Anda tetap sehat selama berpuasa. Berikut tipsnya, seperti dibagikan co-founder Beyoutiful Aesthetic Clinic dr. Gloria Novelita, SpKK.

Pilih air putih
Penuhi kebutuhan cairan tubuh dengan banyak minum air putih saat sahur dan berbuka. Anda disarankan untuk mengurangi minuman manis dan memilih air putih agar kulit terhidrasi.

Makan makanan seimbang
Saat berpuasa, kita cenderung makan porsi besar karbohidrat dan lemak. Lengkapi nutrisi Anda dengan buah dan sayur yang merupakan sumber antioksidan alami.

Suplemen antioksidan
Bila perlu, Anda bisa mengonsumsi suplemen yang mengandung antioksidan, vitamin C, atau zinc. Selain baik untuk menutrisi kulit, kandungan itu juga akan meningkatkan daya tahan tubuh.

Beri pelembab tambahan
Berpuasa bisa membuat siklus tidur Anda tidak teratur sehingga kulit tampak lebih kusam. Beri nutrisi tambahan dengan pelembab topikal, moisturizer, atau konsumsi produk turunan susu untuk membantu peremajaan kulit.

Pakai serum dan masker
Jika Anda merasa wajah Anda tampak capek atau lelah, penggunaan serum yang menghidrasi kulit bisa membantu. Apabila dirasa masih kurang, pakai masker kulit yang berfungsi menenangkan dan menyegarkan kulit secara instan.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES