Rabu 01 Jun 2016 07:00 WIB

Tips Puasa Bagi Penderita Diabetes dan Ibu Hamil

Ibu hamil atau menyusui tidak diwajibkan puasa Ramadhan.
Foto: Antara
Ibu hamil atau menyusui tidak diwajibkan puasa Ramadhan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bagi penderita diabetes, jenis pemeriksaan yang bisa dilakukan adalah tes gula darah puasa, gula darah dua jam pascapuasa dan HbA1c. Sebelum bulan Ramadhan, bagi ibu hamil bisa memeriksajan ultrasonografi untuk melhat kondisi ibu dan janin yang dikandung.

Dalam keterangannya, dr. IGN Adhiartha, SpPD-KEMD memaparkan, pengelolaan diabetes melitus selama Ramadhan secara umum dalam keadaan terkendali bak dan sedang tidak menderita penyakit lain, diabetisi termasuk orang yang cukup sehat. 

Karena itu, perlu dilakukannya pengelolaan diabetes melitus bagi para diabetisi dengan mengubah gaya hidup, terapi gizi medis, olahraga, dan pemanfaatan gula darah mandiri. "Selama bulan Ramadhan, diabetisi diperbolehkan berpuasa dengan syarat diabetes terkendali dan diabetes tidak komplikasi berat," kata Adhiartha.

Dia menyatakan, para diabetisi yang melakukan puasa diharuskan mengatur makanan selama puasa. Hal itu dikarenakan dapat mencegah hipoglikemi, hiperglikemi, dehidrasi, menormalkan berat badan, dan dapat beraktivitas seperti biasa. 

"Dengan mengatur makanan selama puasa diharapkan diakhir bulan Ramadhan kadar gula darah tekanan darah, kolesterol, dan berat badan menjadi terkendali dan mengurangi risiko komplikasi," kata Adhiartha.

Dr Atik Purwitaningrum,SpoG menjelaskan tips berpuasa yang sehat dan aman bagi ibu hamil selama bulan Ramadhan. "Ibu hamil boleh berpuasa penuh selama bulan Ramadhan apabila kondisi kesehatan ibu dan janin baik," katanyauasa sehat

Pada prinsipnya, kata Atik, kebutuhan asupan ibu hamil adalah 2.200-2.300 kalori per hari. Selama kebutuhan tersebut terpenuhi, tidak ada kendala yang berarti. Sebelum berpuasa, ada baiknya ibu hamil berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk memastikan kondisi kesehatannya.

Kedua dokter itu berbicara dalam diskusi media bertema tema 'Berpuasa Sehat untuk Penderita Diabetes Melitus dan Ibu Hamil'. Seminar digelar untuk memperingati Hari Diabetes Nasional setiap tanggal 12 Juli dan menyambut bulan Ramadhan, Siloam Hospitals Lippo Cikarang, kemarin.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement