Monday, 15 Syawwal 1443 / 16 May 2022

8 Tradisi Makan Zaman Dulu yang Justru Lebih Menyehatkan

Rabu 01 Jun 2016 06:02 WIB

Rep: Adysha Citra R/ Red: Indira Rezkisari

Bukan hanya makanan yang membuat tubuh sehat, tapi cara makan mempengaruhi pula kesehatan.

Makan dengan tangan

Foto:

Makan Malam Lebih Cepat

Dalam tradisi Romawi Kuno, makan malam dikenal dengan istilah cena. Cena dilakukan ketika matahari mulai terbenam.

Makan malam lebih cepat, sebelum pukul 19.00, juga kerap direkomendasikan oleh para ahli gizi. Alasannya, semakin cepat makan malam disantap, maka semakin banyak pula waktu yang dimiliki tubuh untuk mencerna makanan sebelum tidur. Kebiasaan makan malam lebih cepat juga dapat mencegah naiknya berat badan.

Makan dengan Tangan

Cukup banyak orang yang enggan makan dengan menggunakan tangannya dan lebih memilih untuk menggunakan sendok dan garpu. Padahal, tradisi kuno menyantap makanan dengan tangan yang bersih memiliki manfaat yang sangat menyehatkan tubuh.

Berdasarkan Ayurceda, ketika memasukkan makanan mulut dengan tangan, kelima jari tangan akan membentuk posisi yoga bernama mudra. Posisi tersebut dapat mengaktifkan organ sensorik yang akan menjaga keseimbangan prana.

Selain itu, menggunakan tangan saat makan juga dapat membantu proses pencernaan lebih baik. Pasalnya, sentuhan tangan pada makanan akan memberi sinyal kepada otak agar tubuh menghasilkan cairan pencerna makanan. Kondisi ini yang mungkin juga menyebabkan rasa makanan terasa lebih nikmat ketika dimakan dengan menggunakan tangan dibandingkan dengan sendok atau garpu, dilansir dari Times of India.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA