Selasa, 26 Jumadil Awwal 1441 / 21 Januari 2020

Selasa, 26 Jumadil Awwal 1441 / 21 Januari 2020

Ratu Elizabeth Diberi Hadiah Batik Indonesia

Rabu 01 Jun 2016 05:37 WIB

Red: Indira Rezkisari

Ratu Elizabeth

Ratu Elizabeth

Foto: Reuters

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Ratu Elizabeth II mendapatkan hadiah berupa batik Indonesia dan lukisan yang menggambarkan Sri Ratu sedang mengenakan pakaian batik Indonesia dari Yayasan Batik Indonesia.

"Lukisan ini membayangkan Sri Ratu Elizabeth II mengenakan pakaian batik Indonesia yang memiliki kombinasi dari simbol sawunggalih, sebuah lencana kerajaan yang mewakili kemuliaan, dengan hamparan sawah sebagai latar belakang," kata Pendiri Yayasan Batik Indonesia Dipo Alam, Selasa (31/5).

Penyerahan lukisan dan kain batik tersebut diberikan langsung oleh Dipo kepada Ratu Elizabeth II di Istana Buckingham, Selasa waktu setempat menyusul rangkaian acara Indonesian Weekend! yang diselenggarakan di Potters Fields, London, 28-29 Mei. Hadiah tersebut juga dimaksudkan sebagai kado hari jadi Ratu ke-90 yang dirayakan pada 21 April, tanggal yang sama untuk Hari Kartini di Indonesia.

Batik yang diberikan merupakan batik tulis halus kombinasi dari batik tradisional motif "sawunggalih" yang merupakan simbol kemuliaan dan kejayaan ditambah hiasan ornamen kerajaan Britania Raya. Dari pemberian hadiah batik tersebut diharapkan Ratu Elizabeth II dan masyarakat Inggris lebih mengenal batik Indonesia, dan mempromosikan untuk mempelajari batik lebih dalam.

"Indonesian Weekend!" yang digelar 28-29 Mei menampilkan budaya nasional mulai dari tata boga, musik, budaya, tata busana dan wisata gratis bea masuk di Taman Potters Field di pusat kota London, Stasiun London Bridge. Pengunjung ditawari keramah-tamahan masyarakat Indonesia di taman yang asri tersebut dengan latar belakang pemandangan ikon London mempromosikan keindahan, kecanggihan dan kehangatan Indonesia di Inggris, dikutip Antaranews.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA