DPR Pesimistis Kepuasan Jamaah Haji Naik Tahun Ini

Selasa , 31 May 2016, 22:00 WIB
Ibadah haji
Ibadah haji

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Sodiq Mujahid pesimistis kepuasan jamaah haji tahun ini naik jika berkaca dari tahun lalu. Menurut dia, target kepuasan 84 persen harus dikaji terlebih dahulu metode survey yang digunakan.

"Sejujurnya kita tidak melakukan survey kepuasan jamaah seperti yang dilakukan Kemenag sehingga tidak dapat memberikan nilai. Tetapi dengan masih banyaknya kelemahan-kelemahan mendasar yang dilakukan, kami meragukan kepuasan jamaah bisa mencapai 84 persen," ujar dia kepada Republika.co.id, Selasa (31/5).

Sodiq mengatakan Komisi VIII DPR RI selalu memberikan penilaian kinerja sejak perencanaan penyelenggaraan ibadah haji. Komisi VIII menilai  kinerja Kemenag dalam penyelenggaran haji antara 50 hingga 55 persen sejak pembahasan BPIH, proses negosiasi dengan mitra-mitra, proses rekrutmen, penetapan mitra, lalu proses bimbingan dan pelayanan di tanah suci dan proses pemberian hak sepulang haji seperti asuransi.

Sodiq menilai dari haji tahun lalu masih ada klaim asuransi kecelakaan yang belum terbayarkan sampai saat ini. Masih ada pula keterlambatan visa yang mengacaukan keberangkaan dan banyaknya muhrim yang terpisah.