Saturday, 10 Rabiul Akhir 1441 / 07 December 2019

Saturday, 10 Rabiul Akhir 1441 / 07 December 2019

Sebelum Lebaran 100 Ribu Jamaah Haji Ditargetkan Serahkan Paspor

Senin 30 May 2016 16:22 WIB

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Karta Raharja Ucu

Paspor Haji (ilustrasi)

Paspor Haji (ilustrasi)

Foto: Republika/Agung Supriyanto

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kasubdit Dokumen dan Perlengkapan Haji Kemenag Sofwan Abdul Jani mengatakan persiapan pemvisaan masih terus dilakukan. Namun hingga saat ini passpor masih berada di kanwil masing-masing jamaah belum sampai di kantor pusat.

"Belum ada satu pun paspor yang sampai di kantor pusat, masih menunggu seluruh jamaah melunasi BPIH baru passpor dikirimkan," ujar dia kepada Republika.co.id Senin (30/5).

Karena syarat untuk pengumpulan passpor adalah lembar bukti pelunasan warna merah yang belum diterima Kemenag kabupaten/kota dari jamaah yang telah melunasi. Meskipun mereka teah melunasi BPIH tapi belum menyerahkan bukti lunas maka belum dapat diproses lebih lanjut.

Padahal Kedubes Arab Saudi sudah dari pekan lalu menagih paspor untuk pembuataan visa. Tapi memang dari jamaah yang belum seluruhnya melakukan pelunasan.

"Kami menargetkan sebelum Idul Fitri 100 ribu paspor sudah diproses untuk pemvisaan," ujar dia. Namun hingga saat ini di setiap wilayah pengumpulan visa masih sekitar 20 persen. 

Berdasarkan data Siskohat hingga Senin (30/5) jamaah haji reguler yang telah melunasi BPIH tahap pertama sebanyak 75, 09 persen atau 121.512. Sebanyak 119.432 merupakan jamaah haji yang mendapatkan kuota sedangkan 2.080 merupakan jamaah haji yang telah menjadi cadangan lima persen.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA