Tuesday, 14 Syawwal 1445 / 23 April 2024

Tuesday, 14 Syawwal 1445 / 23 April 2024

Indonesia Harus Bangga Memiliki Pancasila

Senin 30 May 2016 15:59 WIB

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Dwi Murdaningsih

Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid.

Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid.

Foto: MPR

REPUBLIKA.CO.ID, BANDAR LAMPUNG -- Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid memberikan materi Empat Pilar MPR RI kepada ratusan mahasiswa, pelajar, dan tokoh masyarakat, yang diselenggarakan oleh MPR RI bekerjasama dengan PP KAMMI (Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia).

Hidayat juga menutup acara Rakornas KAMMI yang diselenggarakan pada 25-29 Mei 2016 di Kota Bandar Lampung. Dalam sambutannya, ia menceritakan pada tahun 1960-an Bung Karno berpidato di sidang BPUPKI. Dalam pidatonya, Bung Karno dengan mengatakan bahwa dasar negara kita adalah Pancasila.

Ia menegaskan, banyak negara lain yang menyatakan, Indonesia mesti bangga karena memiliki Pancasila. "Karena dengan memiliki Pancasila, negara Indonesia yang terdiri dari banyak suku, bahasa dan wilayahnya sangat luas itu bisa bersatu," kata Hidayat, di Aula Arafah Asrama Haji, Bandar Lampung, Provinsi Lampung, Ahad (29/5).

Untuk itu, Hidayat berharap, semua warga negara Indonesia harus berperilaku dan berjiwa Pancasila. Seperti perilaku dan jiwa seorang negarawan yang dicontohkan oleh para pendiri bangsa ini diantaranya Soekarno, M. Hatta, M.Yamin, Soepomo dan para pahlawan lainnya.

"Bagaimana caranya agar setiap perilaku dan jiwa kita berdasarkan Pancasila, yaitu memahami dan mengamalkan semua makna yang terkandung dalam sila-sila yang ada dalam Pancasila itu," ujar dia.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 
 
Terpopuler