Minggu, 23 Muharram 1441 / 22 September 2019

Minggu, 23 Muharram 1441 / 22 September 2019

 

Tabuhan Sehar Khan Bangunkan Warga Sahur

Kamis 30 Jun 2016 03:13 WIB

Red: Didi Purwadi

Tradisi Sehar Khan di Kashmir.

Tradisi Sehar Khan di Kashmir.

Foto: khabarsouthasia.com

REPUBLIKA.CO.ID, SRINAGAR -- Muslim Khasmir, India, punya tradisi unik dalam membangunkan warga sahur. Seorang petugas khusus turun ke jalan di desa-desa dengan memukul drum.   

“Meskipun tradisi pemukulan drum ini mulai memudar di sebagian besar wilayah Kashmir, namun warga di desa-desa dan beberapa kota masih melestarikan tradisi tersebut,” ujar Mohd Sultan Sheikh, seorang pemukul drum profesional lokal yang disebut dengan Sehar Khan, seperti yang dilansir Onislam.

Sheikh mengaku sudah 15 tahun menjadi Sehar Khan. Ia bangun pagi-pagi dan keluar menuju jalan-jalan untuk membangunkan orang. Ia berharap Tuhan akan memberikan keringanan pada kematiannya.

Sheikh salah satu di antara ratusan warga Kashmir yang telah lama menjadi Sehar Khan dan melakukan tugasnya dengan baik selama Ramadhan. Tradisi ini telah dilakukan sejak beberapa dekade lalu.

Sheikh menuturkan, pada awalnya tradisi tersebut muncul karena tidak ada jam tangan untuk menunjukkan waktu sahur, sehingga satu-satunya cara adalah dengan memukul drum.

Qadir Kumar, seorang pemukul drum profesional mengaku, sangat antusias menyambut Ramadhan. ''Saya telah menjadi pemukul drum sejak 40 tahun yang lalu. Tapi, sekarang ini banyak orang-orang menggunakan alarm dan mulai terbiasa dengan hal itu,'' katanya.

Sumber : Pusat Data Republika
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES