Senin 30 May 2016 08:30 WIB

Kapan Waktu Tepat Konsumsi Yogurt?

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Yogurt
Foto: flickr
Yogurt

REPUBLIKA.CO.ID, Selain rasanya enak dan memiliki banyak manfaat, yogurt bisa dikonsumsi kapan saja dan tak ada batasan mengonsumsinya. Jadi kapan waktu yang paling tepat mengonsumsinya?

Menurut Spesialis Gizi Klinik dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, dr Marya W. Haryono. Mgizi, SpGK konsumsi yogurt bisa kapan saja. Bisa saat sarapan, makan siang, makan malam, bahkan saat traveling sekalipun.

Jika Anda sarapan dengan yogurt, lanjutnya, makan Anda bisa terjaga kecukupan nutrisinya. Termasuk menjaga kesehatan pencernaan dan menjaga kecukupan kalsium. Serta membantu turunkan berat badan.

Bisa pula untuk snack atau camilan. Yogurt bisa menjadi camilan yang menyegarkan. "Jika ingin ngemil, bisa dengan yogurt. Jadikan sebagai pengganti camilan. Badan tetap sehat dan berat badan terjaga," ujarnya, seraya menambahkan kebutuhan kalsium dan pencernaan sehat sebagai manfaat yogurt.

Yogurt bahkan dapat dikonsumsi setelah makan. "Ini bisa membantu menurunkan kolesterol karena sifatnya menghambat penyerapan lemak," jelasnya.

Yogurt pun bisa dikonsumsi saat berpergian jauh. Karena bisa mencegah diare. Terkadang saat berpergian jauh masalah yang sering muncul adalah masalah pencernaan. Ada yang sembelit, ada juga yang diare karena adaptasi tempat dan makanan baru. Yogurt dikatakannya dapat menjadi solusi masalah tersebut.

(baca: Menyiasati Agar Anak Mau Makan Lebih Sehat)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement