Monday, 9 Syawwal 1441 / 01 June 2020

Monday, 9 Syawwal 1441 / 01 June 2020

Pemkot Bogor akan Kembali Bangun Tiga Taman Tematik

Sabtu 28 May 2016 21:14 WIB

Red: Hazliansyah

Walikota Bogor Bima Arya memberikan penilaian pada kompetisi seni menggambar dinding (grafiti) di Taman Corat-Coret, jalan Adnan Wijaya, Kota Bogor, Jawa Barat, Sabtu (30/4).

Walikota Bogor Bima Arya memberikan penilaian pada kompetisi seni menggambar dinding (grafiti) di Taman Corat-Coret, jalan Adnan Wijaya, Kota Bogor, Jawa Barat, Sabtu (30/4).

Foto: ANTARA FOTO

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Pemerintah Kota Bogor, Jawa Barat akan kembali menambah jumlah taman tematik dengan membangun tiga taman baru yang pengerjaannya akan dilaksanakan mulai Juli 2016 ini.

"Tahun 2016 ini ada tiga taman lagi yang akan dibangun oleh Pemerintah Kota Bogor, lelang akan dilakukan bulan Juni, dan semoga Juli sudah bisa dikerjakan," kata Kepala Bidang Pertamanan, Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Bogor, Yadi Cahyadi di Bogor, Sabtu.

Yadi menyebutkan, tiga taman yang akan dibangun yakni Taman Sempur, Taman Matematik dan Taman Lingkungan. Dari ketiga taman tersebut dua taman dibangun baru dan satu taman yakni Taman Sempur merupakan revitalisasi.

"Total anggaran pembangunan taman tahun ini Rp 2,9 miliar. Nilai anggaran pembangunan taman tahun ini turun dari Rp 10 miliar di tahun 2015, kini hanya Rp 2,5 miliar," katanya.

Tiga taman yang akan dibangun yakni Taman Sempur seluas satu hektare akan dibangun lintasan lari, tiang bendera permanen seperti di Istana Merdeka Jakarta, mengganti rumput, menata area taman, kursi taman, prasasti, dan ornamen lainnya.

"Biaya untuk pembangunan Taman Sempur Rp 2,2 miliar, karena luasnya dan banyak ornamen yang akan dibangun," katanya.

Taman berikut yakni Taman Matematik yang diperuntukkan bagi taman belajar anak-anak di Kota Bogor, terletak di Kelurahan Tegal Gundil dengan luas, 450 meter persegi, memakan biaya Rp 320 juta.

"Karena lokasi taman ini berada di lingkungan sekolah, mulai dari SD, SMP hingga SMA. Pemkot berinisiatif membuat taman belajar dengan konsep Matematika," katanya.

Selanjutnya Taman Lingkungan yang juga terletak di Kelurahan Tegal Gundil. Taman seluas 300 meter dilengkapi dengan lintasan joging, tanaman dan lintasan terapi. Pembangunan taman tersebut menghabiskan anggaran Rp 80 juta.

"Selain tiga taman ini, akan ada satu taman lagi yang juga dibangun tahun ini yakni Taman Kaulinan atau tempat bermaian anak-anak yang melibatkan swasta. Taman ini dananya CSR dari Alfamart," katanya.

Total saat ini Kota Bogor telah memiliki 32 taman. 

Pemerintah Kota Bogor mencanangkan Bogor sebagai Kota Sejuta Taman, dengan dibangunnya taman-taman tematik sebagai sarana warga untuk berkumpul dan berkreativitas.

 

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA