Minggu, 21 Safar 1441 / 20 Oktober 2019

Minggu, 21 Safar 1441 / 20 Oktober 2019

 

Warga Tangerang Keramasan Berjamaah Sambut Ramadhan

Senin 13 Jun 2016 20:02 WIB

Red: Didi Purwadi

Keramas (ilustrasi)

Keramas (ilustrasi)

Foto: Antara/Rivan Awal Lingga

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Setiap Muslim ingin dalam kondisi bersih ketika menyambut kedatangan bulan suci Ramadhan. Tidak terkecuali warga Tangerang yang berniat membersihkan diri jelang Ramadhan dengan menggelar tradisi 'Keramasan'.

Seperti warga Kelurahan Babakan, Kota Tangerang, Banten, yang melakukan kegiatan keramas bareng di Sungai Cisadane dalam menyambut datangnya bulan Ramadhan. Ritual keramas bareng dilaksanakan di belakang Musholla Al-Ittihad Jalan Kali Pasir setelah ibadah shalat Ashar.

Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa, melaksanakan ritual yang rutin dilakukan setiap tahun dalam menyambut bulan Ramadhan. Para warga membawa peralatan mandi sendiri seperti shampoo untuk berkeramas bareng dengan yang lainnya.

Pahrul Roji, tokoh masyarakat setempat mengatakan, keramas ini sebagai tanda akan dilaksanakan ibadah puasa. Kegiatan yang sudah turun menurun tersebut dimaksudkan untuk membersihkan diri sebelum melaksanakan ibadah puasa Ramadhan.

"Biasanya dilaksanakan sehari atau dua hari jelang ibadah puasa. Warga rutin karena sudah turun menurun," katanya seperti dikutip dari Pusat Data Republika.

Sumber : Pusat Data Republika/Antara
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA