Selasa, 23 Safar 1441 / 22 Oktober 2019

Selasa, 23 Safar 1441 / 22 Oktober 2019

 

Warga Bogor Cucurak Sebelum Ramadhan

Sabtu 11 Jun 2016 18:08 WIB

Red: Didi Purwadi

Sejumlah warga memadati hutan penelitian Cifor saat tradisi Cucurak, di kota Bogor, Jabar, Ahad (14/6).   (Antara/Arif Firmansyah)

Sejumlah warga memadati hutan penelitian Cifor saat tradisi Cucurak, di kota Bogor, Jabar, Ahad (14/6). (Antara/Arif Firmansyah)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Cucurak. Itu yang dilakukan warga Bogor sebelum menjalani puasa Ramadhan selama sebulan penuh.

Tradisi Cucurak digelar untuk mengungkapkan kebahagiaannya dalam menyambut bulan suci Ramadhan. Dalam tradisi Cucurak tersebut, warga Bogor berkumpul di tempat wisata untuk sekadar makan bersama. Sajian makanannya biasanya makanan khas Bogor seperti toge goreng, asinan bogor dan gepuk karuhun.

Seperti dikutip dari Pusat Data Republika, tradisi berkumpul dan menggelar makan bersama ini hampir terlihat di setiap sudut kota Bogor sehari jelang datangnya bulan suci Ramadhan.

Biasanya tradisi ini memang dilakukan di tempat-tempat wisata di kota Bogor, seperti kebun raya Bogor, hutan cifor dan tempat-tempat wisata lain. Sanak keluarga dan teman-teman berkumpul menjelang bulan Ramadhan.

Selain makan-makan bersama, Cucurak merupakan sebuah tradisi saling maaf-memaafkan agar bisa memasuki bulan puasa dalam kondisi bersih.

Sumber : berbagai sumber
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES