Friday, 25 Rabiul Awwal 1441 / 22 November 2019

Friday, 25 Rabiul Awwal 1441 / 22 November 2019

Pembalap Pertamina Campos Racing Punya Peluang Cetak Poin

Jumat 27 May 2016 12:08 WIB

Red: Israr Itah

Mitch Evans (kanan) dan Sean Gelael

Mitch Evans (kanan) dan Sean Gelael

Foto: Jagonya Ayam

REPUBLIKA.CO.ID, MONAKO—Pembalap Pertamina Campos Racing yang didukung Jagonya Ayam KFC Indonesia, mitch evans berpeluang untuk mendulang poin pertamanya pada balapan feature gp2 di Sirkuit Monte Carlo, Monako, Jumat (27/5). Pembalap asal Selandia Baru ini mendapatkan hasil bagus pada sesi kualifikasi dan akan memulai balapan dari posisi keempat.

Evans yang sudah tiga kali naik podium di sirkuit Monako pada balapan GP2, mencetak waktu tercepat satu menit 19,962 detik. Adapun pembalap Indonesia yang merupakan rekan setim Evans, Muhammad sean gelael akan memulai balapan dari posisi ke-13. Sean membuat catatan waktu satu menit 20,877 detik.

"Akhirnya saya kembali! Hari ini mobil cukup kompetitif dan saya senang bisa start dari posisi depan krn itu amat penting di monako," kata Evans.

Babak kualifikasi GP2 dibagi dalam dua grup. Evans yang bernomor mobil ganjil berada di Grup A dan mendapatkan kesempatan pertama untuk memulai kualifikasi yang berlangsung selama 15 menit. Sementara Sean yang bernomor mobil genap tergabung di Grup B dan memulai kualifikasi setelah Grup A selesai.

Babak kualifikasi diwarnai sejumlah insiden. Beberapa pembalap tidak bisa melanjutkan sesi kualifikasi karena menabrak pembatas lintasan. Yang terparah dialami pebalap Russian Time, Artem Markelov,  yang tergabung di Grup B. Mobilnya meluncur dan menabrak pembatas lintasan hingga merusak bagian depan dan pengaman lintasan.

Akibatnya, sisa kualifikasi yang tinggal 3,48 menit terpaksa dihentikan sementara. Situasi ini sangat tidak menguntungkan pembalap lain, termasuk Sean. Namun dengan sisa waktu yang sedemikian sempit, Sean masih bisa mempertajam waktu dari satu menit 22,610 detik menjadi satu menit 20,877 detik.

“Cukup sulit untuk mempertajam waktu karena ban sudah dingin lagi,” kata Sean.

Dua pembalap lain yang didukung Jagonya Ayam KFC Indonesia, yakni Antonio Giovinazzi yang membawa bendera tim Prema Racing akan memulai balapan dari posisi ketujuh setelah mencatat waktu satu menit 19,972 detik. Adapun Philo Paz Armand yang membalap bersama tim Trident mencetak waktu satu menit,22,707 dan akan memulai start dari posisi ke-21.

Sebelumnya pada sesi latihan bebas, Sean membuat catatan waktu satu menit 21, 954 detik. Dengan catatan waktu ini, Sean berada di posisi ke-14 pembalap tercepat. Sementara Evans menorehkan waktu yang lebih cepat, yakni satu menit 20,825 detik. Hasil ini menempatkan Evans di posisi keenam pembalap tercepat.

Rekor waktu tercepat sesi latihan bebas diukir pembalap ART Grand Prix, Sergey Sirotkin dengan catatan waktu satu menit 20,361 detik. Norman Nato dari tim Racing Enginering berada di posisi kedua dengan selisih waktu 0,079 detik, diikuti pebalap DAMS, Alex Lynn. Sementara Giovinazzi di posisi ke-15, sedangkan Philo di posisi terakhir.

Lintasan balap di Monte Carlo memang sangat menantang. Sudah menjadi pemandangan umum jika mobil pengaman atau safety car masuk lintasan atau balapan dihentikan karena adanya kecelakaan antarpembalap. Sirkuit sepanjang 3,340 kilometer ini memiliki tikungan tajam berkecepatan rendah.

Setidaknya ada tiga titik dimana para pebalap bisa menyalip pembalap lain. Pertama di tikungan Sainte Devote yang menanjak dan berikutnya di tikungan hairpin Grand Hotel yang tajam.

Kesempatan lainnya yakni saat pebalap mencapai puncak kecepatan tertinggi setelah melewati terowongan jelang chicane. Namun, pembalap dituntut konsentrasi yang tinggi karena selain lintasannya sempit, permukaan trek sirkuit juga cukup bergelombang.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA