Sabtu, 30 Jumadil Awwal 1441 / 25 Januari 2020

Sabtu, 30 Jumadil Awwal 1441 / 25 Januari 2020

6 Kebiasaan Perusak Kualitas Tidur Anda

Rabu 25 Mei 2016 07:34 WIB

Rep: Adysha Citra R/ Red: Indira Rezkisari

Tidur mendengkur

Tidur mendengkur

Foto: pixabay

REPUBLIKA.CO.ID, Kualitas tidur yang baik dapat meningkatkan produktivitas, kebahagiaan hingga kejernihan pikiran Anda. Sebaliknya, penelitian membuktikan bahwa kurang tidur dapat menyebabkan Anda bekerja tidak efektif. Salah satu penyebabnya, korteks prefrontal pada otak yang berfungsi untuk mencari penyelesaian masalah akan terganggu ketika kurang tidur.

Sayangnya, beberapa kebiasaan buruk yang kerap dilakukan banyak orang justru dapat mengurangi kualitas tidur. Berikut ini ialah enam kebiasaan buruk yang dapat menurunkan kualitas tidur dan patut Anda hindari seperti dilansir Independent.

Melewatkan Olahraga
Penelitian menunjukkan bahwa olahraga pagi dan siang dapat meningkatkan kualitas dan lama tidur seseorang. Berdasarkan penelitian, olahraga dapat membuat tidur bertambah sekitar 45 menit.

"Tetap bergerak aktif tidak menyelesaikan keluhan tidur, akan tetapi itu dapat mengurangi keluhan tidur tersebut," terang peneliti dari University of Georgia Rodyney Dishman.

Makan Terlalu Malam

Jika Anda makan besar terlalu malam dan langsung tidur, tidur Anda tidak akan membuat tubuh terasa segar ketika terbangun. Pasalnya sistem pencernaan Anda akan terus bekerja selama tertidur. Padahal seharusnya semua organ dapat bekerja lebih lambat saat tidur sehingga tubuh dapat kembali segar saat masuk.

Untuk itu, lebih baik makan lebih awal agar tubuh terbantu untuk menurunkan asam dalam tubuh. Pasalnya, kadar asam yang tinggi dapat membuat Anda terjaga di malam hari. Selain itu, tidur lebih awal dapat menghindarkan Anda dari tidur dengan perut penuh.

Tidak Tenang Sebelum Tidur
Ketika merasa tertekan di siang hari, akan sulit bagi Anda untuk tertidur di malam hari. Pasalnya, akan sulit bagi otak untuk menjadi lebih santai ketika Anda banyak pikiran.

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk menenangkan pikiran sebelum tidur dan melupakan sebentar berbagai hal terkait pekerjaan. Salah satu cara untuk menentramkan pikiran sebelum tidur ialah dengan menuliskan semua hal yang perlu Anda lakukan esok hari sebelum tidur. Ini dapat menolong Anda mengosongkan pikiran dan mengatakan pada otak untuk tidak perlu lagi bekerja keras memikirkan rencana pekerjaan esok hari.


BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA