Rabu 25 May 2016 06:02 WIB

5 Mitos Seputar Minyak untuk Memasak

Rep: C27/ Red: Indira Rezkisari
Minyak zaitun
Foto:
Kelapa bisa dijadikan minyak untuk memasak.

Mitos: Minyak samin tidak sehat

Minyak samin sebenarnya tidak selalu buruk seperti yang dituduhkan selama ini. Dalam penelitian terbarukan, minyak ini juga bagus untuk jantung dan membantu mengurangi risiko serangan jantung, tapi jangan sampai malah digunakan secara berlebihan.

"Menjaga minyak dalam kuantitas konsumsi adalah sesuatu yang kita tidak bisa mabaikan. Mengukur minyak sulit karena banyak makanan memiliki minyak alami di dalamnya. Jadi, menjaga penggunaan minimal," kata Dr Hemi Soneja, Konsultan Obesitas dan departemen Diabetes di Rumah Sakit Jaypee.

Dr. Nivedita, Kepala Ahli Gizi, Amrita Institute of Medical Sciences dan Penelitian, Kochi, menyarankan 3 sendok makan per hari untuk mengonsumsi minyak samin.

Mitos: Minyak kelapa murni mengurangi berat badan

Baru-baru ini muncul penyataan jika minyak kelapa murni akan membantu Anda menurunkan berat badan. Namun, minyak kelapa tinggi lemak jenuh dan tidak ada penelitian konklusif atau studi yang telah dilakukan untuk menunjukkan manfaat positif pada penurunan berat badan.

Mitos: Menyimpan minyak sembarangan tidak masalah

Hal yang perlu diperhatikan selain jenis minyak, tempat penyimpanan pun tidak sembarangan. Minyak sebaiknya disimpan di tempat yang berwarna gelap, sebab tempat yang bening bisa saja mengoksidasi minyak.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement