Saturday, 30 Jumadil Awwal 1441 / 25 January 2020

Saturday, 30 Jumadil Awwal 1441 / 25 January 2020

60 Tokoh Dunia Berkumpul di Istanbul Bahas Nasib Pengungsi

Selasa 24 May 2016 11:04 WIB

Rep: C25/ Red: Achmad Syalaby

Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon di Markas PBB, Jumat, 2 Oktober 2015.

Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon di Markas PBB, Jumat, 2 Oktober 2015.

Foto: AP Photo/Kevin Hagen

REPUBLIKA.CO.ID,ISTANBUL -- Puluhan tokoh internasional berkumpul di KTT Kemanusiaan. Pertemuan tersebut dilakukan untuk mengajak masyarakat internasional berbagi beban menanggulangi krisis pengungsi. 

Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon mengumpulkan lebih dari 60 kepala negara, pemerintah, dan LSM untuk duduk bersama memikirkan nasib para korban krisis kemanusiaan. Sejumlah artis ternama dunia turut menghadiri acara tersebut, seperti Daniel Craig, Forest Whitaker, dan Sean Penn.

Dalam sambutannya Ban menegaskan, KTT Kemanusiaan akan mewakili suara dunia dalam menempa harapan untuk memiliki masa depan yang berbeda. Ia mengatakan, tugas mewujudkan itu tidaklah mudah. Menurut dia, diperlukan kemauan politik yang besar dan belum terlihat beberapa tahun belakangan.

"Mari kita manfaatkan kesempatan ini, mari kita membuat tanda kalau kita adalah agen perubahan," kata Ban, seperti dilansir Arab News, Selasa (24/5).

Senada, aktor Daniel Craig menuturkan, KTT Kemanusiaan memiliki kemampuan besar, untuk memulai gerakan yang besar untuk kemanusiaan. Dia bahkan mengingatkan agar KTT Kemanusiaan tidak menjadi pertemuan yang kosong, lantaran dipenuhi dengan kata-kata dan tanpa tindakan. "KTT ini adalah tentang potensi untuk memulai gerakan kemanusiaan terbesar dalam sejarah," ujar Craig.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA