Ahad 22 May 2016 07:00 WIB

Cerita Warga Betawi Mandi Merang Sambut Ramadhan

Jelang Ramadhan/Ilustrasi
Foto: Antara
Jelang Ramadhan/Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh: Alwi Shahab

Ramadhan 1437 Hijriah tinggal menghitung hari. Sekurang-kurangnya bulan mulia itu akan datang dalam 15 hari ke depan karena saat ini kita sudah memasuki pertengahan Sya'ban yang malam tadi sebagian umat Muslim Indonesia menghidupkan malam Nisfu Sya'ban.

Menyambut kedatangan Ramadhan, sejumlah ritual dilakukan umat Islam di Indonesia. Salah satunya mandi untuk membersihkan diri. Lalu bagaimana umat Islam di Jakarta pada 60 tahun lalu saat menyambut Ramadhan?

Jakarta medio 1950-an masih penuh pepohonan. Tidak gersang seperti sekarang. Air sungai Ciliwung yang membelah kota Jakarta masih bersih. Demikian pula sejumlah sungai lainnya.

Sungai-sungai itu masih dapat digunakan untuk mandi, mencuci, dan mengambil wudhu. Untuk itu dibangun banyak getek di kiri dan kanan sungai.

Ada sesuatu yang unik yang kini sudah tidak terdapat lagi di Jakarta. Ketika itu, sehari menjelang bulan suci Ramadhan, di sekitar getek-getek itu, para ibu, termasuk gadis-gadis, dengan berkemben melakukan siraman (mandi keramas) untuk membersihkan seluruh tubuhnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement