Sabtu 21 May 2016 07:00 WIB

Marxisme dan Islam di Zaman Sukarno

Mantan presiden Soekarno
Foto: Life
Mantan presiden Soekarno

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh: Alwi Shahab

Selain bersentuhan dengan Islam, semasa tinggal di rumah Haji Oemar Said Tjokroaminoto, tokoh Islam pimpinan kharismatik Serikat Islam (SI), saat bersamaan Sukarno muda juga bersentuhan pula dengan teori Marxisme. Sentuhan itu terjadi ketika di HBS Surabaya.

Gurunya C Hartogh, menjelaskan kepadanya teori-teori Marxisme. Sukarno muda terpesona.

Ia kemudian menjadi anggota Indische Social-Democratische Vereeninging (ISDV) yang didirikan 1914. Samaun, yang kemudian dikenal sebagai pendiri Partai Komunis Indonesia (PKI) setelah Serikat Islam pecah, juga anggota ISDV.

Pada 1920, keterpesonaan Sukarno terhadap slogan-slogan komunis cukup kuat, ketika tokoh sosialis A Baars — yang menarik Samaun ke sayap kiri —mendesaknya ke faham internasionalisme. Namun tokoh SI Abdul Muis memberikan penyadaran kuat terhadap Sukarno. Muis mendorong Sukarno kembali pada nasionalisme melalui Sarikat Islam.

Pemahaman Sukarno terhadap Islam, menurut Bernard Dahm (Sukarno and struggle for Indonesian Independence, Cornell University Press, 1969), lebih sebagai modal untuk berdebat. Buku Lothrop Stoddard, The New World of Islam lebih menarik perhatiannya daripada Islam itu sendiri.

Namun demikian, perasaan dasarnya terhadap Islam tidak bisa diabaikan. Ini antara lain dengan menempatkan Partai Nasional Indonesia (PNI) bersikap netral dalam soal agama, tidak dalam pengertian orang-orang komunis yang anti-Tuhan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement